PLN Batam Sebut Ada Lonjakan Pemakaian Listrik

PLN Batam Sebut Ada Lonjakan Pemakaian Listrik

Ilustrasi mati lampu. (Foto: Antara)

Batam - Pemadaman listrik terjadi di beberapa lokasi di Batam. Seperti di Kampung Belian, Sungai Panas dan sekitarnya, Kamis (15/8/2019)

Warga mengaku tak mendapat informasi terkait pemadaman ini. Biasanya pihak PLN Batam melalui media sosial mereka gencar memberikan info jika ada pemadaman bergilir.

Tania, seorang karyawan di media iklan digital di Batam Center mengeluhkan pemadaman tiba-tiba saat ia bekerja. Hal ini mebuat pekerjaannya terbengkalai.  "Lagi-lagi mati lagi tengahnya kerja. Nampaknya mati lampu se-Batam ya," ucapnya.

Pemadaman secara tiba-tiba yang terjadi hari ini juga dikeluhkan oleh salah seorang pegawai Bank asuransi di kawasan Batam Center, Fitria.

"Lagi ngadepin klien ribet sempet-sempetnya mati lampu. Kenapa ga ada pemberitahuan dulu kalau mau ada mati lampu? Apalagi ini terjadi di area perkantoran," ujarnya.

Corporate Secretary bright PLN Batam, Denny Hendri Wijaya, mengatakan Pemadaman yang terjadi pada tiga hari terakhir ini karena adanya gangguan pada pembangkit skala kecil dan terjadi lonjakan pemakaian listrik akibat cuaca yang relatif panas.

Hal itu mengakibatkan kekurangan pasokan pada beban puncak siang dan malam. "Hal ini juga sehubungan dengan belum selesainya perbaikan Pembangkit Gas Turbin PLTGU Tanjung Uncang dan Gas Turbin PLTGU PT DEB Panaran, yang menyebabkan kemampuan pasokan listrik ke pelanggan sangat terbatas," ujarnya.

Untuk meminimalisir dampak terjadinya pemadaman ia mengimbau pelanggan untuk melakukan penghematan tenaga listrik pada saat waktu beban puncak pagi 09.30 – 12.00 WIB, beban puncak siang 13.30 – 16.00 WIB, beban puncak malam 18.00 – 21.00 WIB.

“Apabila terjadi kekurangan pasokan listrik maka bright PLN Batam akan segera publikasikan jadwal pemadaman melalui website dan media sosial lainnya sehingga dapat sampai kepada pelanggan. Demikian sebaliknya jika pasokan daya listrik tercukupi maka pemadaman tidak terjadi. Mewakili segenap Manajemen bright PLN Batam kami mohon maaf atas kondisi yang terjadi dan bright PLN Batam tetap berkomitmen untuk selalu memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat Pulau Batam,” tuturnya.

(das)