BPBD: Dua Pulau Besar di Lingga Rawan Kebakaran Hutan

BPBD: Dua Pulau Besar di Lingga Rawan Kebakaran Hutan

Damkar dan BPBD saat memadamkan kebakaran lahan di Kecamatan Lingga Utara beberapa waktu lalu (Foto:ist)

Lingga - Potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Lingga, cukup tinggi. Terutama di wilayah Pulau Lingga dan Singkep.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lingga, Novrizal mengatakan, sejak beberapa waktu terakhir, sudah terjadi beberapa kasus kebakaran hutan dan lahan di dua pulau besar di Negeri Bunda Tanah Melayu tersebut.

"Sampai saat ini, karhutla masih banyak terjadi di dua pulau besar, yaitu Pulau Singkep dan Lingga, terutama di daerah Kecamatan Singkep Barat dan Lingga Utara," kata dia kepada Batamnews, Selasa (13/8/2019).

Ia menjelaskan, dari laporan kejadian yang diterima pihaknya, kebakaran yang terjadi di Kabupaten Lingga itu, dominan disebabkan oleh ulah manusia.

"Kami sudah melakukan sosialisasi kebencanaan termasuk karhutla, banjir serta perubahan musim ke desa-desa yang mempunyai potensi bencana. Kemudian kami juga menyampaikan iklan layanan masyarakat lewat radio," ujar Novrizal.

Dengan demikian, ia berharap agar masyarakat dapat lebih peduli dengan lingkungan. Terutama tidak membuka lahan dengan cara dibakar, terlebih lagi di musim panas seperti sekarang.

"Masyarakat kami harap untuk bisa mengenali bencana, jangan panik, dan alam jaga kita, kita jaga alam," ucapnya.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews