Waspada Kebakaran Hutan, Camat Senayang di Lingga Sambangi Warga Desa

Waspada Kebakaran Hutan, Camat Senayang di Lingga Sambangi Warga Desa

Kapolsek Senayang bersama Camat dan Danramil Senayang melakukan sosialisasi kepada warga agar tak membakar lahan (Foto:ist)

Lingga - Sedikitnya ada 117 lokasi hutan dan lahan di Provinsi Kepulauan Riau yang rentan terbakar. Lokasi itu tersebar di sejumlah wilayah, termasuk Kabupaten Lingga.

Dengan begitu, aparat kepolisian setempat gencar terjun ke lapangan, guna memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tak membuka lahan perkebunan dengan cara dibakar. Hal ini dilakukan agar timbulnya kesadaran di masyarakat untuk mencegah kebakaran hutan.

Tak hanya aparat kepolisian, Pemerintah Daerah (Pemda) Lingga, melalui masing-masing camat juga ikut andil memberikan pemahanan kepada warganya. Seperti yang dilakukan Camat Senayang, Kimat Awal.

"Kami kemarin bersama Polsek Senayang dan Danramil sudah melakukan sosialisasi dan memberikan imbauan kepada warga agar tak membuka lahan dengan cara dibakar di Desa Laboh," kata Kimat kepada Batamnews, Senin (12/8/2019).

Ia menjelaskan, sosialisasi yang dilakukan tersebut hanya berupa imbauan dan larangan. Dengan begitu, diharapkan adanya peran serta masyarakat untuk menjalankannya.

"Untuk warga yang merokok, tolong berhati-hati membuang puntung rokok. Kemudian jangan membakar sampah di pekarangan," ujarnya.

Diketahui, sosialisasi yang dilakukan Camat bersama Kapolsek dan Danramil Senayang tersebut disambut antusias masyarakat setempat. Warga mengaku akan tetap bersinergi untuk menjaga lingkungan agar terhindar dari kebakaran hutan.

(ruz)