Kapolsek Senayang di Lingga Imbau Warga Tak Buka Lahan dengan Cara Dibakar

Kapolsek Senayang bersama Camat dan Danramil Senayang melakukan sosialisasi kepada warga agar tak membakar lahan (Foto:ist)

Lingga - Munculnya sejumlah titik panas di beberapa wilayah Provinsi Kepri, termasuk Kabupaten Lingga, menjadi perhatian sejumlah aparat. Mulai dari pihak kepolisian, hingga pemerintah setempat.

Berbagai upaya untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan atau lahan pun dilakukan dengan cara terjun langsung ke tengah masyarakat. Seperti yang dilakukan Kapolsek Senayang, Iptu T. Gultom bersama Camat Senayang, Kimat Awal dan Danramil Senayang, Kapten Inf Budi Hartono ini.

"Kami tadi melakukan sosialisasi kepada masyarakat di Pulau Sebangka, tepatnya di Belakang Hutan, Desa Laboh, agar tidak membuka lahan/hutan dengan cara melakukan pembakaran karena pada saat ini musim kemarau dan angin kuat," kata Iptu T. Gultom kepada Batamnews, Sabtu (10/8/2019).

Ia mengaku, jika pembukaan lahan dilakukan dengan cara dibakar, akan memberikan efek yang tidak sehat akibat dari asap yang ditimbulkan. Selain menyebabkan kebakaran, asap dari pembakaran hutan juga dapat mengakibatkan penyakit Ispa.

"Pembakaran hutan ini juga dapat merusak hutan dan lingkungan hidup," ujarnya.

Diketahui, antusias warga setempat menyambut arahan tersebut cukup tinggi. Dengan demikian, diharapkan di wilayah Kecamatan Senayang dan sekitarnya tidak ada warga yang jahil dengan sengaja membuka lahan dengan cara dibakar.

(ruz)