KPU Batam Mulai Sosialisasikan Pilkada Akhir Tahun Ini

KPU Batam Mulai Sosialisasikan Pilkada Akhir Tahun Ini

Ketua KPU Kota Batam Syahrul Huda.

Batam - Tahapan sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Batam 2020 akan dimulai akhir 2019 ini. KPU sudah mempersiapkan agenda sosialisasi kepada masyarakat. 

Ketua KPU Kota Batam Syahrul Huda mengatakan, rencananya pada November dan Desember 2019 akan dimulai sosialisasi awal kepada masyarakat terkait penyelenggaraan Pilkada 2020. 

"Di bulan 11-12 kita akan luncurkan kegiatan pilkada, di sana akan ada sosialisasi," kata Huda kepada awak media, Jumat (10/8/2019).

Huda menjelaskan, anggaran Pilkada 2020 awalnya KPU Batam mengajukan Rp 41 miliar. Namun setelah melalui beberapa proses dikoreksi menjadi Rp 27 miliar.

"Salah satu alasan diubah, karena sebagian anggaran ditanggung KPU Provinsi Kepri," kata Huda. 

Angka Rp 27 miliar itu meningkat dibandingkan Pilkada 2015 sebelumnya hanya Rp 15 miliar. 

"Sekarang proses pengajuan Rp 27 miliar itu sudah kita sampaikan kepada Pemko Batam melalui BPKAD (Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah)," katanya. 

Ia berharap, pengajuan anggaran tersebut dapat dimasukkan dalam anggaran perubahan 2019 karena sebagai proses Pilkada ada di bulan ini. "Kita sudah rapatkan beberapa kali, nanti rapat akan dilanjutkan bersama BPKAD sebelum disidangkan," katanya.

(tan)