Lingga Jadi Target BPOM Laksanakan Bimtek Keamanan Pangan 2019

Lingga Jadi Target BPOM Laksanakan Bimtek Keamanan Pangan 2019

Bimtek pengolahan bahan pangan yang dilakukan BPOM Batam di Lingga beberapa waktu lalu (Foto:ist)

Lingga - Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Batam, menjadikan Lingga sebagai target pelaksanaan bimbingan teknis (Bimtek) keamanan pangan untuk kader desa/kelurahan tahun 2019. Pelaksanaan kegiatan itu pun sudah dilakukan di Desa Batu Kacang, Kecamatan Singkep, Kamis (25/7/2019) lalu.

Kegiatan dalam rangka gerakan ketahanan pangan desa/kelurahan 2019 ini melibatkan tiga desa di Kabupaten Lingga. Ketiga desa tersebut yakni, Desa Batu Kacang, Tanjung Harapan dan Desa Resang.

Staff Seksi Informasi dan Komunikasi di BPOM Batam, Therecy Elly Yana mengatakan, setiap tahunnya ada satu kabupaten yang akan menjadi tujuan BPOM dalam melaksanakan bimtek keamanan pangan tersebut.

"Untuk tahun ini hanya Lingga, tiap tahun baru satu kabupaten yang kami intervensi, masing-masing kabupaten ada tiga desa. Tahun depan nanti di kabupaten/kota lain lagi, nanti sesuai arahan dari BPOM Pusat dan pimpinan kami," kata dia kepada Batamnews.co.id, belum lama ini.

Ia menjelaskan, adapun tujuan pelaksanaan bimtek tersebut yakni, meningkatkan kemandirian masyarakat desa di bidang keamanan pangan. Kemudian untuk mendorong kemandirian masyarakat desa dalam melakukan pengawasan keamanan pangan.

"Tujuan lainnya juga untuk menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang aman sampai pada tingkat perseorangan, serta memperkuat ekonomi desa melalui program keamanan pangan desa," ujarnya.

Dengan bimtek tersebut, diharapkan kader-kader yang dilatih mampu membina masyarakat desanya dalam keamanan mengolah makanan. Artinya, tidak menggunakan bahan berbahaya, seperti borak, pewarna, pengawet serta pemanis yang tidak dibenarkan.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews