Tujuh Perusahaan Lolos Prakualifikasi Lelang Bandara Hang Nadim

Bandara Hang Nadim Batam (Foto:ist/sindonews)

Batam - Lelang pertama Pengadaan Badan Usaha Pelaksana Proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Bandara Hang Nadim Batam sempat gagal digelar. Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim pun kembali menggelar lelang proyek senilai USD 448 juta pada putaran kedua.

Tahap awal, sudah ada 7 peserta lelang yang lolos seleksi prakualifikasi dari 15 peserta yang mendaftar. Pengumuman lolos seleksi inipun, disampaikan sejak 30 Juli 2019. Peserta tersebut diantaranya:

1. Konsorsium PT Nusantara Infrastruktur Tbk.-Zurich International Airport-PT Pembangunan Perumahan (PP) (Persero) Tbk-Mitsui & Co.;
2. PT Angkasa Pura I (Persero);
3. Vinci Airports;
4. Konsorsium PT Angkasa Pura II (Persero)-PT Adhi Karya (Persero) Tbk-Egis Project S.A.-Engie South East Asia Pte. Ltd. (Konsorsium Batam);
5. ADP International;
6. Incheon International Airport Corporation; dan
7. Konsorsium GMR Infrastructure Limited-PT Waskita Karya (Persero) Tbk-PT Cardig Aero Services Tbk

Seleksi prakualifikasi tahap pertama adalah seleksi administrasi, dimana bagi pengusaha yang datang dari luar negeri wajib menyerahkan surat kuasa dari kedutaan dengan tenggat waktu yang telah ditetapkan yang dibuka sejak Februari 2019 lalu.

Kepala BUBU Hang Nadim Batam, Suwarso mengatakan, nomor urutan peserta yang lulus tidak menunjukkan peringkat peserta. “Jadi tidak mutlak nomor 1 yang bagus dan nomor 7 yang jelek,” ucap Suwarso, Kamis (1/8/2019). 

Bagi peserta yang tidak lolos seleksi atau menyatakan keberatan dengan hasil seleksi, diberikan waktu selama 5 hari kerja terhitung dari 30 Juli 2019 hingga 6 Agustus 2019 pukul 16.30 WIB.

“Panitia tinggal tunggu sanggahan, nanti baru dibuka tahap kedua,” Katanya.

Di tahap kedua, Panitia akan melakukan seleksi dengan melihat dari nilai kontrak yang diajukan perusahaan. Lalu selanjutnya panitia Pengadaan Badan Usaha Pelaksana Proyek KPBU Bandara Hang Nadim Batam akan melakukan pemeriksaan keaslian dokumen di tahap ketiga.

“Kita cari yang paling murah serta spesifikasi yang dijanjikan di tahap kualifikasi. Yang sudah lolos kualifikasi, dilakukan penyaringan lagi,” ujarnya.

Tahapan yang dilakukan dalam proses pelelangan untuk pengerjaan renovasi dan pembangunan terminal 2 ini, masih membutuhkan waktu lama. Proses seleksi akan berlangsung hingga akhir tahun, sedangkan pemenang akan diumumkan tahun depan.

“Sejak diresmikan, Bandara kita belum pernah direnovasi. Padahal kita lihat bandara lain sudah mulai berbenah. Paling tidak kita dapat memberikan layanan yang terbaik,” pungkasnya.

Jika hingga akhir lelang putaran kedua proses Pengadaan Badan Usaha Pelaksana Proyek KPBU Bandara Hang Nadim Batam, tidak juga menemukan pemenang lelang, maka lelang akan dilemparkan ke Badan Pengusahaan (BP) Kota Batam. Dan diputaran ketiga ini, BP berhak menunjuk pemenang lelang.

(das)

SHARE US :