Pakai Sistem Sikopi, Dinsos Kepri Verifikasi Data Warga Miskin

Pakai Sistem Sikopi, Dinsos Kepri Verifikasi Data Warga Miskin

- Evaluasi Penanganan Validasi Data Fakir Miskin Kepri (Foto: Asiik3)

Batam -  Untuk membantu menanggulangi angka kemiskinan di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kepri menggelar rapat evaluasi pelaksanaan verifikasi dan validasi data penanganan fakir miskin dan orang tidak mampu pada Rabu- Jumat (23-25/7) di Hotel Golden View, Batam kemarin.

Kegiatan ini bertujuan mengevaluasi pelaksanaan verifikasi dan validasi data kemiskinan yang tertuang di dalam basis data terpadu (BDT) se-Provinsi Kepri.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Sosial Provinsi Kepri Doli Boniara pada kegiatan yang diikuti sebanyak 47 org peserta terdiri dari masing-masing  Dinas Sosial Kabupaten dan kota se-Kepri, terdiri dari para Kepala Dinas Sosial, Perencana Program serta petugas operator data.

"Kita harap melalui Verifikasi dan validasi data ini sangat penting sebagai syarat bagi masyarakat agar bisa menerima bantuan sosial dari program APBN pusat, seperti program keluarga harapan (PKH) beras sejahtera dan lainnya," papar Doli.

Menurut Doli, banyak strategi penanganan fakir miskin melalui basis data terpadu dimana Provinsi Kepri adalah provinsi pertama yang telah menerapkan sistem aplikasi data  yang diberi nama Sikopi (Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Provinsi Kepri).

"Dengan rapat evaluasi data ini diharapkan penanganan penanggulangan kemiskinan di Provinsi Kepulauan Riau kedepannya semakin baik, sehingga angka kemiskinan bisa berkurang", imbuhnya.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews