Pelindo 1 Luncurkan Aplikasi Pemesanan Tiket

Pelindo 1 Luncurkan Aplikasi Pemesanan Tiket

Plt Gubernur Kepri Isdianto (tengah), melepas balon menandai diluncurkannya aplikasi "Nyebrang Yuk" milik Pelabuhan Indonesia 1 di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Minggu (28/7/2019). Nyebrang Yuk merupakan aplikasi pembelian tiket kapal untuk memudahkan masyarakat membeli tiket dan memilih destinasi tujuan secara dalam jaringan (daring). (Foto: Asiik3)

Tanjungpinang - Aplikasi pemesanan tiket kapal penyeberangan antar pulau diluncurkan Pelabuhan Indonesia 1 (Pelindo 1), Minggu (28/7/2019). Layanan E-Commerce pemesanan tiket ini dinamakan" "Nyebrang Yuk". 

Peluncuran Nyebrang Yuk dilaksanakan di Gedung Daerah, Tanjungpinang, ditandai pelepasan balon oleh Plt Gubernur Kepri Isdianto, disaksikan Direktur Operasi dan Komersial Pelindo I Syahputera Sembiring, Deputi Kepala Perwakilan BI Kepri Gunawan, Staf Ahli Pemko Tanjungpinang Bidang Ekonomi dan Pembangunan Marzul Hendri, Direktur Operasi, dan General Manager Pelindo 1 Cabang Tanjung Pinang Arif Indra Perdana.

Nyebrang Yuk merupakan sebuah aplikasi pemesanan tiket kapal penyeberangan antar pulau perdana di Indonesia milik Pelindo 1 yang bisa diunduh melalui Google Play. Untuk App Store dijadwal hadir pada pertengahan  Agustus 2019 mendatang. 

Dengan mengakses aplikasi ini, masyarakat tidak perlu lagi bertatap muka ataupun mengantre. Tiket penyeberangan antar pulau bisa didapat kapan dan di mana saja. Aplikasi ini mampu memberikan data penumpang secara digital di setiap pelayaran yang divalidasi menggunakan kartu identitas penumpang secara realtime. 

Direktur Operasi dan Komersial Pelindo I Syahputera Sembiring  menjelaskan, saat ini Nyebrang Yuk sudah bisa dinikmati oleh masyarakat yang berangkat dari Terminal Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang menuju Batam. Tidak lama lagi aplikasi juga akan melayani penyebrangan ke berbagai daerah tujuan lainnya, seperti Tanjungbalai Karimun, Galang, Moro, Tanjung Batu, Pulau Bukit, Tajur Biru, Sei Tenam, Senayang, Pancur, Cempa, Mensana, Dabo Singkep (Jago).

Untuk langkah awal ini, implementasi aplikasi di terminal penumpang Pelabuhan  SBP, Pelindo 1 menggandeng perusahaan pelayaran Marina Group. Selanjutnya, aplikasi ini nantinya akan bekerja sama dengan para operator pelabuhan dan perusahaan pelayaran lainnya di seluruh wilayah di Indonesia.

Syahputera menjelaskan, aplikasi yang didesain mudah dioperasikan ini membuat masyarakat bebas memilih kapal dan memilih destinasi yang diinginkan. Ada beberapa pilihan metode pembayaran elektronik (cashless). 

"Selain melalui aplikasi Nyebrang Yuk, masyarakat juga bisa membeli tiket kapal laut secara langsung di Terminal Penumpang Sri Bintan Pura melalui Self Service Kiosk dengan sistem pembayaran menggunakan debet (ATM)," tambahnya. 

Lewat aplikasi ini, Pelindo 1 mengajak para perusahaan pelayaran dan operator pelabuhan untuk menggunakan Nyebrang Yuk untuk  mendukung Gerakan Nasional Non Tunai yang dicanangkan pemerintah.  Aplikasi Nyebrang Yuk dan Self Service Kiosk mendukung Kota Tanjungpinang dalam mengembangkan konsep smart city. 

Syahputera menegaskan. Aplikasi ini menjadi pilot project untuk seluruh pelabuhan penumpang di Indonesia yang juga diharapkan mampu mendorong sektor pariwisata sehingga memudahkan wisatawan membeli tiket secara online dari mana saja. 

Pada kesempatan sama, Plt Gubernur Kepri, Isdianto mengapresiasi gagasan Pelindo 1 membuat aplikasi yang semakin memudahkan masyarakat. Ia mengajak masyarakat mendukung keseriusan Pelindo 1 dalam memberikan layanan terbaiknya. 

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews