AJI Batam Resmikan Sekretariat Baru

 AJI Batam Resmikan Sekretariat Baru

Ketua AJI Batam, Slamet Widodo saat memberikan kata sambutan pada peresmian Kantor Sekretariat baru AJI Batam di Batam Centre. (Foto: Margaretha/Batamnews)

Batam - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Batam meresmikan sekretariat baru mereka di Komplek Costarica Niaga, Blok A1, Nomor 3, Batam Center, Rabu (17/7/2019). 

Selain Ssekretariat AJI, gedung baru yang ditempati juga ada kantor konsultan hukum Lokomotif & Partner Law Consultant, Cafe 22an serta Sekretariat Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gebrak Kota Batam yang secara bersamaan diresmikan. 

Ketua AJI Batam, Slamet Widodo mengatakan sekretariat tentu menjadi bagian yang sangat penting dalam menjalankan kegiatan keorganisasian. Walaupun sebenarnya organisasi dapat berjalan tanpa administrasi dan kesekretariatan, namun untuk organisasi resmi tentu wajib memiliki kesekretariatan.

"Alhamdulillah hari ini AJI Batam resmi memiliki markas baru. Ke depan tentu kita harapkan bisa meningkatkan kebersamaan kita semua," ujar Widodo. 

Saat ini jumlah anggota AJI sudah mencapai 34 orang, dan 95 persen diantaranya sudah tersertifikasi oleh dewan pers. Dengan jenjang yang bervariasi, dari jurnalis muda, madya hingga utama. 

Dalam kesempatan tersebut, Dodo juga menyampaikan AJI akan merayakan ulang tahun ke-25 pada tanggal 7 Agustus mendatang. 

“Sedikit merefleksikan, AJI lahir dari semangat perlawanan terhadap ketidakadilan, waktu pada zaman Orde Baru ada budaya bredel, maka AJI memperjuangkan independensinya,” katanya. 

Widodo juga mengatakan, AJI Batam akan terus konsisten berada dalam barisan kelompok yang mendorong demokratisasi dan menentang otoritarianisme. Karena hal inilah yang membuahkan pengakuan dari elemen gerakan pro demokrasi di Indonesia, sehingga AJI dikenal sebagai pembela kebebasan pers dan berekspresi. 

"Intinya kita berharap keberadaan sekretariat AJI Batam, bisa memberikan manfaat bagi kita semua," katanya.

Selain itu, AJI Batam kata dia juga akan terus berkomitmen untuk memerangi hoax atau berita bohong. Salah satunya dalam waktu dekat ini AJI Batam akan menyelenggarakan kegiatan pada tanggal 26-28 Juli 2019 bekerjasama dengan Google. 

“Dengan kegiatan ini, jurnalis atau siapapun bisa melakukan cek fakta sendiri,” katanya. 

Sementara itu, perwakilan dari lokomotif & patner law consultant DR Darwinsyah Minin mengatakan dengan kantor baru yang ada, mereka ingin menjalankan visi mereka yaitu mrnciptakan masyarakat madani yang mengawal good governence. 

“Kami juga hadir memperjuangkan hak asasi manusia (HAM) secara adil,” kata dia. 

(ret)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews