Targetkan Dapat APE 2020, Dinsos Lingga Evaluasi PUG ke Seluruh Kecamatan

Targetkan Dapat APE 2020, Dinsos Lingga Evaluasi PUG ke Seluruh Kecamatan

Sekretaris Dinsos-P3A Lingga, Ahmad Syukri (tengah) saat memimpin kegiatan evaluasi PUG di Kecamatan Singkep beberapa waktu lalu (Foto:ist)

Lingga - Pemerintah Kabupaten Lingga, melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos-P3A) setempat tengah melakukan evaluasi terhadap Pengarusutamaan Gender (PUG) secara stimulan dengan melibatkan seluruh kecamatan yang ada di Negeri Bunda Tanah Melayu, sejak beberapa hari yang lalu.

Sekretaris Dinsos-P3A Lingga, Ahmad Syukri mengatakan, evaluasi itu dilakukan agar Kabupaten Lingga dapat kembali meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dari Kementerian Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI. Pasalnya, di tahun 2018 lalu Lingga berhasil membawa pulang anugerah tersebut ketika berada di urutan 127 dari 159 kabupaten/kota yang masuk nominasi.

"Kita (Lingga) sudah pernah dapat anugerah ini pada 2018. Bupati menerima langsung di Istana Presiden, makanya sekarang perlu ditingkat jika ada yang kurang capaian targetnya," kata dia kepada Batamnews.co.id, Selasa (8/7/2019).

APE diberikan atas pencapaian bergengsi sebagai apresiasi bagi pemerintah provinsi dan kabupaten/kota yang dinilai telah berkomitmen dan mengimplementasikan strategi terkait dengan Pengarusutamaan Gender (PUG), Pemberdayaan Perempuan (PP) dan Perlindungan Anak (PA) diberbagai sektor pembangunan.

Untuk mendapatkan APE, tentu bukan perkara mudah. Karena ada beberapa indikator yang menjadi penilaian yakni komitmen, kebijakan, kelembagaan, sumber daya manusia (SDM) dan anggaran. Kemudian, data, sistem informasi dan KIE, metode dan tool serta peran masyarakat dan dunia usaha juga berpengaruh untuk mendapatkan anugerah tersebut.

"Jadi pada saat evaluasi ke masing-masing kecamatan, kami juga melaksanakan MoU dengan kecamatan dan desa tentang PUG ini serta kesetaraan dan keadilan peran perempuan di RT, masyarakat dan di pemerintahan," ucapnya.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews