Waspada! Gelombang Tinggi Mengintai di Perbatasan Lingga-Batam

Waspada! Gelombang Tinggi Mengintai di Perbatasan Lingga-Batam

Ilustrasi

Lingga - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, memprakirakan pada umumnya aktivitas kelautan di perairan Kabupaten Lingga masih cukup kondusif.

Untuk beberapa hari kedepan, gelombang hanya di kisaran 0,1 meter hingga maksimal 1,2 meter. Dengan arah angin dari Tenggara hingga Barat Daya.

"Adapun untuk kecepatan angin itu sendiri, dari 0,4 hingga 25 km/jam. Dan kecepatan arus permukaan menuju Utara dengan kecepatan 0,5 hingga 45 cm/detik," kata Kepala BMKG Dabo Singkep, Sahat Mauli Pasaribu kepada Batamnews.co.id, Jumat (5/7/2019).

Namun kata dia, untuk wilayah yang tinggi gelombangnya mencapai 1,2 meter dan patut diwaspadai para nelayan dan penyedia jasa transportasi laut yakni di perairan Lingga Utara perbatasan arah Batam atau Tanjungpinang dan Perairan Lingga Timur.

"Perlu diperhatikan masyarakat nelayan yang beraktivitas di laut menggunakan sampan tradisional agar waspada dengan gelombang tinggi tersebut," ucapnya.

Diketahui, beberapa waktu lalu akibat gelombang yang lumayan tinggi dan angin kencang, satu unit kapal nelayan yang berangkat dari Desa Pulau Medang tenggelam di perairan Kecamatan Katang Bidare, Kabupaten Lingga. Beruntung tidak ada korban jiwa saat insiden tersebut.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews