Liburan Sekolah, Arus Penumpang di Hang Nadim Capai 7.800 Orang Per Hari

Liburan Sekolah, Arus Penumpang di Hang Nadim Capai 7.800 Orang Per Hari

Bandara Hang Nadim, Batam.

Batam – Arus keberangkatan serta kedatangan penumpang dari dan menuju Bandara Hang Nadim Batam mengalami lonjakan dalam sepekan terakhir. Peningkatan ini berbarengan dengan musim libur sekolah.

Direktur Badan Usaha Bandar Udara Hang Nadim Batam, Suwarso mengatakan libur sekolah mempengaruhi jumlah penumpang. Dalam waktu normal, penumpang di bandara terdata sekitar 6 ribu orang.

"Selama seminggu ini, kedatangan tercatat 7.600 penumpang dan keberangkatan 7.800 penumpang,” kata Suwarso, Jumat, (5/7/2019). 

Peningkatan penumpang ini didominasi dari dan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta. Sejauh ini, dari Hang Nadim ada 58 penerbangan tujuan Soekarno-Hatta.

Suwarso menilai musim libur sekolah dan penurunan harga pesawat mengembalikan minat masyarakat untuk berpergian menggunakan moda transportasi udara ini. 

“Memang animo masyarakat menggunakan pesawat udara sudah mulai naik lagi, rata-rata per hari selama seminggu ini. Di samping itu kan saat ini masih musim liburnya anak sekolah ya mungkin itu, pastinya kita baru bisa dilihat setelah musim liburan selesai,” ujarnya.

Faktanya, walaupun penumpang sudah mulai mengalami peningkatan selama seminggu, namun menurut keterangan Suwarso, pembatalan pesawat tetap saja terjadi setiap harinya. 

Setiap harinya total pembatalan penerbangan mencapai 12 penerbangan, dimana penumpang yang ada akan dipadatkan di penerbangan selanjutnya. Contohnya pengurangan rute ke Medan saat ini, Garuda membatalkan 1 penerbangan, begitu juga dengan Lion Air dan Citilink.
 
Selain itu, nominal pengurangan harga tiket saat ini, juga tidak mampu mengembalikan minat penumpang untuk menggunakan bagasi, akibat bagasi berbayar.  

“Tapi sebenarnya kita masih menunggu lagi kebijakan pemerintah untuk kembali menurunkan harga pesawat, yang rencananya dilaksanakan minggu depan,” pungkasnya.

(das)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews