Tak Ada Lonjakan Pemudik di Bandara Hang Nadim Batam

Tak Ada Lonjakan Pemudik di Bandara Hang Nadim Batam

Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam, Suwarso menemani Kapolresta Barelang dan Wali Kota Batam saat peninjauan mudik lebaran di Bandara Hang Nadim. (Foto: istimewa)

Batam - Kondisi Bandara Hang Nadim Batam pada H-5 hari raya idul fitri 1440 H/2019 tidak terlalu padat. Walaupun dibanding hari biasa, ada lonjakan penumpang. 

Berdasarkan pantauan, para penumpang yang akan check-in berbaris seprti biasa, tidak ada terjadi penumpukan. Bahkan untuk jalan menuju lantai dua bandara masih dapat leluasa untuk berjalan. 

Wali Kota Batam, HM Rudi mengatakan bahwa berdasarkan penjelasan Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Suwarso, bahwa jumlah penumpang ada yang naik dan ada yang turun. 

“Tapi tidak ada masalah, saat ini ada beberapa schedule penerbangan dikurangi, sehingga kursi penumpang di pesawat bisa terpenuhi,” ujar Rudi usai meninjau arus mudik bersama Wakil Wali Kota Batam beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) di Bandara Hang Nadim, Sabtu (1/6/2019). 

Rudi juga mengakui bahwa ada perbedaan yang sangat siginifikan antara pelabuhan Domestik Sekupang yang sangat padat, dibandingkan dengan kondisi bandara yang tidak terlalu padat. 

“Semuanya itu kembali ke kondisi ekonomi masing-masing, kita coba bantu untuk mewujudkan agar pertumbuhan ekonomi semakin baik,” katanya. 

Terkait kenaikan harga tiket pesawat yang masih tinggi, Rudi berencana akan menyurati Presiden RI. Walaupun sebelumnya ia sudah menyurati pihak Kementerian Perhubungan RI. 

“Surati lagi, sampai turun, sekarang sudah turun, tapi kita mau supaya masih turun lagi,” kata dia. 

Sementara itu, Suwarso menambahkan pada arus mudik lebaran ini ada peningkatan, yaitu naik 8,5 persen untuk H-6 dan H-7. Dan untuk H-5 naik 8,16 persen dibandingkan tahun lalu. 

“Ada peningkatan, rata-rata penumpang saat ini berkisar 9 ribu orang per harinya,” ujar Suwarso pada kesempatan yang sama. 

Kenaikan ini diakuinya dipengaruhi oleh penurunan harga tiket pesawat, dan adanya ekstra flight. Serta ada peningkatan kapasitas pesawat, seperti maskapai Lion yang mengganti pesawat Boeing 737 dengan Airbus. 

(ret)