Arus Balik Lebaran, Maskapai Batalkan 14 Penerbangan dari Bandara Hang Nadim

Arus Balik Lebaran, Maskapai Batalkan 14 Penerbangan dari Bandara Hang Nadim

Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam, Suwarso. (Foto: dok. Batamnews)

Batam - Pembatalan penerbangan dari Batam masih berlangsung pada musim arus balik Lebaran 2019. Dalam dua hari terakhir, sedikitnya ada 14 penerbangan yang dibatalkan dari Bandara Hang Nadim.

Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam, Suwarso menjelaskan batalnya 14 penerbangan itu berlangsung pada Minggu (9/6/2019) dan Senin (10/6/2019).

"Kemarin ada 9 penerbangan dan hari ini lima penerbangan dibatalkan," kata Suwarso.

Dia merinci, maskapai yang membatalkan penerbangan yakni Lion Air dan Garuda Indonesia. Lion Air membatalkan penerbangan ke Surabaya, Jakarta Soekarno-Hatta dan Kualanamu, Medan.

Sementara, Garuda Indonesia membatalkan penerbangan ke Jakarta Soekarno-Hatta dan Pekanbaru.

Namun demikian, maskapai tidak terlalu merugi dengan pembatalan penerbangan ini. Setidaknya, ratusan ribu penumpang yang terangkut saat arus mudik selama 13 hari mampu memberikan pemasukan signifikan.

"Sejak 27 Mei hingga 9 Juni 2019. Jumlah penumpang berangkat, terpantau mencapai 120.610 penumpang," ucapnya. 

Walaupun maskapai mendapat keuntungan dari tingginya jumlah penumpang pada momen mudik lebaran, jumlah penumpang yang menggunakan moda transportasi udara menurun dari tahun lalu. 

"Lebaran tahun ini jauh lebih rendah. Penurunannya mencapai 30,84% baik arus mudik maupun arus balik," ungkap Suwarso. 

Menurunnya jumlah penumpang pada tahun ini diperkirakan disebabkan masyarakat banyak yang beralih menggunakan transportasi laut untuk mudik, karena biayanya dinilai lebih bersahabat. 

(das)
 

Komentar Via Facebook :