Pemko Batam Tambah Dua Sekolah Baru di Sagulung Tahun Depan

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Andi Agung.

Batam - Pemerintah Kota Batam berencana akan menambah dua sekolah baru untuk tingkat SMP untuk Kecamatan Sagulung. Dua sekolah baru ini akan dibangun pada tahun 2020 mendatang. 

Keputusan ini diambil karena masih banyak peserta didik yang tidak diterima dalam sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2019-2020. 

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Andi Agung mengatakan dua sekolah baru ini akan dibangun di Kelurahan Sei Lekop dan Sagulung Kota. 

“Sekolah baru ini bisa menampung anak-anak yang diterima dalam sistem, terutama yang tidak diterima di SMP 27 dan SMP 9,” ujar Andi saat pertemuan dengan para orangtua di SMP Negeri 9 Batam, Senin (17/6/2019). 

Andi menyebutkan dari 9 sekolah tingkat SMP, ada 709 anak yang tidak diterima. Terutama yang bermasalah di SMP Negeri 9 tidak tertampung ada 231 anak, SMP Negeri 27 yang tidak tertampung ada 238 anak, SMP 37 yang tidak tertampung ada 90 anak, dan SMP 50 yang tidak tertampung ada 41 anak. 

“Untuk SMP 50 dan SMP 37 yang tidak tertampung bisa terselesaikan, kita akan tambah rombongan belajarnya,” katanya. 

Namun untuk SMP 27 dan SMP 9 sudah tidak dapat menambah rombel lagi, karena berdasarkan aturan satu sekolah maksimal 11 rombel. Sedangkan baik itu SMP 27 dan SMP 9 sudah memiliki 9 rombel. 

“Walaupun ditambah 2 rombel lagi, juga tidak dapat menampung anak-anak yang tidak diterima dalam sistem,” jelasnya. 

Maka dari itu, tahun depan pihaknya menambah dua sekolah baru. Sehingga ia memastikan anak-anak yang tidak diterima dalam sistem bisa tetap masuk di sekolah negeri. 

Untuk sementara ini, siswa/i yang akan menempati sekolah baru bisa menumpang di sanggar kegiatan belajar (SKB) dan sekolah lain. 

“Lahan sudah ada, nanti akan dibangun tahun depan, jadi anak bapak/ibu tetap bisa masuk,” ucapnya. 

(ret)