H+5 Lebaran, Arus Balik Lewat Pelabuhan Sekupang Membeludak

H+5 Lebaran, Arus Balik Lewat Pelabuhan Sekupang Membeludak

Penumpang kapal memadati ponton usai tiba di pelabuhan Sekupang, Batam. (Foto: Yude/batamnews)

Batam - Hingga hari ini, H+5 hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah jumlah penumpang datang ke Batam di Pelabuhan Domestik Sekupang masih tinggi.

Dari pantauan di Pelabuhan Domestik Sekupang, Senin (10/6/2019) sore. Baik penumpang yang datang ke Batam, maupun yang hendak pergi ke luar Batam masih ramai.

Namun jumlah penumpang hari ini masih di dominasi oleh jumlah kedatangan. Hal itu terlihat dari tempat berlabuh kapal-kapal tersebut. 

Dari pantauan, kapal-kapal yang datang tidak hanya berhenti di tempat kedatangan, namun juga di tempat keberangkatan. Hal itu disebabkan karena ramainya penumpang yang datang, sehingga harus memakai dermaga keberangkatan untuk antisipasi agar penumpang tidak berdesakan.

Jumlah kedatangan penumpang pasca lebaran ini terus meningkat. Dari data yang diterima, peningkatan jumlah penumpang sudah terasa sejak H+2 lebaran sebanyak 3.895 orang, H+3 4.943 orang dan H+4 7.808 orang.

Sedangkan yang berangkat H+2 sebanyak 3.292 orang, H+3 sebanyak 3.337 orang dan H+4 sebanyak 3.892 orang.

Kasatker Pelabuhan Domestik Sekupang, Suherman mengatakan memang pada saat ini untuk keberangkatan sudah mulai turun.

“Paling itu hanya ke pulau-pulau terdekat,” kata dia.

Sedangkan untuk kedatangan, seluruh tujuan hari ini penuh semuanya. Mulai dari Dumai, Buton, Selat Panjang dan Bengkalis

“Paling banyak dari Dumai sama Buton. Buton jam 6 terakhir hari ini,” kata Suherman.

Bahkan untuk mengantisipasi lonjakan kedatangan penumpang, seluruh armada di Pelabuhan Domestik Sekupang semuanya diberangkatkan untuk menjemput penumpang yang hendak ke Batam.

"Semuanya dikerahkan, dari Batam Jet ada dua, Dumai Line empat sampai lima kapal yang ke sana,” ucap Suherman.

(ude)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews