415 ASN Pemko Batam Bolos Usai Libur Lebaran

Apel pertama ASN Pemko Batam usai libur Lebaran 2019.

Batam - Sebanyak 415 Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kota Batam tidak hadir dalam apel awal bulan, di Alun-alun Engku Putri, Senin (10/6/2019) pagi. Apel ini juga menandai hari pertama masuk kerja setelah libur Idul Fitri 1440 H/2019. 

Data kehadiran tersebut berdasarkan dari laporan pimpinan upacara Kepala Bidang Perizinan di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM- PTSP), Teddy Nuh pada apel tersebut. 

Dari laporan tersebut diketahui dari jumlah ASN sebanyak 3.349 orang, dan yang hadir ada 2.934, sedangkan sisanya tidak hadir. 

Wali Kota Batam, HM Rudi mengatakan bagi ASN yang tidak hadir akan diberikan sanksi oleh Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Batam. 

“Jumlah ASN itu dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing,” ujar Rudi seusai apel. 

Baca: Hari Ini PNS Mulai Masuk Kerja, Nekat Bolos Kena Sanksi

Namun sebelum diberikan sanksi, setiap ASN yang tidak hadir akan ditanyakan terlebih dahulu alasan ketidakhadirannya. Karena dari laporan yang diterima Rudi, sekitar 50-100 orang tertahan di pelabuhan roro Tanjung uban menuju Batam. 

“Maka kita lihat alasannya,” kata dia. 

Meski begitu, nantinya akan diberikan tindakan disiplin. Baik itu berupa sanksi administrasi atau lainnya, tergantung jenis pelanggaran. 

“Sanksi itu kan sudah ada aturan masing-masing,” jelasnya.

(ret)