Harga Kebutuhan Pokok di Batam Justru Naik Usai Lebaran

Harga Kebutuhan Pokok di Batam Justru Naik Usai Lebaran

Pedagang ayam di Pasar Botania 2, Batam Kota.

Batam - Harga bahan pokok pada H+1 Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah/2019 Masehi mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Terutama bahan pokok yang berasal dari luar Batam.

Seperti harga daging ayam di pasar Botania 2 per kilogram sudah mencapai Rp40 ribu. Padahal H-1 lebaran lalu, harga daging ayam masih pada kisaran Rp36-37 ribu per kilogram.

“Dari kandang (distributor) sudah naik juga, biasa itu setelah hari raya harga daging pada naik,” ujar salah seorang pedagang daging ayam, Bana, Kamis (6/6/2019).

Sementara itu jika pada hari biasa, Bana menyebutkan harga daging ayam berkisar Rp28-30 ribu per kilogram.

Kemudian untuk harga bahan pokok lainnya seperti cabai merah mengalami penurunan sedikit. Dari H-1 lebaran harga cabai merah mencapai Rp140 ribu per kilogram, tetapi saat ini turun menjadi Rp130 ribu per kilogram.

“Terpaksa saya turunkan karena stok masih banyak, takut busuk juga,” ujar ilham.

Untuk cabai rawit masih Rp80 ribu per kilogram, padahal harga normalnya sebesar Rp60 ribu per kilogram.

Sedangkan harga bawang merah juga belum mengalami penurunan, yaitu Rp35 ribu per kilogram. Padahal harga normalnya bawang merah sebesar Rp30 ribu per kilogram.

“Itu karena bawang dikirim dari jawa, padahal kemarin masih musim mudik,jadi pesawat lebih banyak ngangkut penumpang dibanding bahan pokok,itu yang buat mahal,” katanya.

Sementara itu, sejauh ini harga sayur mayur masih dalam keadaan normal. Dan stoknya juga mencukupi.

(ret)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews