Harga Ikan di Batam Makin Menggila, Pedagang: Pasokan Minim

Harga Ikan di Batam Makin Menggila, Pedagang: Pasokan Minim

Pedagang ikan di Pasar Induk Jodoh melayani pembeli. Harga ikan di Batam makin mahal. (Foto: Johannes Saragih/batamnews).

Batam - Cuaca buruk di perairan yang terjadi beberapa waktu terakhir membuat pasokan ikan tersendat. Ikan berkualitas buruk di pasar tradisional Batam, Kepulauan Riau pun dihargai mahal.

Sejumlah konsumen mengeluhkan hal ini. Seperti diungkapkan Agus, warga Batam, dirinya harus menebus ikan kembung dengan kualitas tak begitu baik dengan harga Rp 20 ribu per kilogram.

"Ngeri kali harga ikan ini, ikan kembung yang jelek aja harganya Rp 20 ribu padahal biasanya cuma Rp 10 ribu. Masa iya kita sama kucing mahalan makanan kucing," keluh Agus saat berbelanja ikan di Pasar Induk Jodoh, Rabu (23/1/2019).

Menanggapi keluhan konsumen, Adi seorang pedagang ikan di pasar tersebut menuturkan pasokan ikan memang sedikit.

"Dari pemasoknya saja sudah mahal karena stok sedikit," kata dia.

Sebagai contoh, ikan tongkol di Pasar Induk sebelumnya dibanderol mulai dari Rp 25 ribu sampai Rp 30 ribu per kilogram. Namun di tengah minimnya pasokan, ikan tongkol harganya meroket menjadi Rp 40 ribu per kilogram.

Adi tidak bisa memastikan harga komoditas laut ini akan kembali normal. Menurut dia, selama pasokan minim maka harga jual akan tinggi.

"Januari-Februari cuaca di laut tak bersahabat. Nelayan susah cari ikan," kata Adi.

(das)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews