Lanal Dabo Siagakan Dua Unit Patkamla Antisipasi Kecelakaan Laut Saat Mudik

Personel Lanal Dabo mengecek pelaksanaan mudik lebaran di Kabupaten Lingga (Foto:dok.lanal)

Lingga - Transportasi laut masih menjadi primadona masyarakat Kabupaten Lingga saat mudik. Tingginya intensitas penumpang yang ingin merayakan lebaran di kampung halaman, tentu menjadi perhatian tersendiri bagi para penyedia transportasi, syahbandar maupun aparat penjaga keamanan di laut.

Maka, untuk memastikan perjalanan mudik via transportasi laut tetap aman, Pangkalan TNI AL (Lanal) Dabo Singkep, turut melakukan upaya antisipasi kecelakan laut selama arus mudik. Dengan cara melaksanakan sosialisasi dan penyiagaan unsur SAR kepada penyedia transportasi laut.

"Kami telah melaksanakan tindakan preventif berupa sosialisasi dan pressuring kepada para pengguna laut. Ini sebagai langkah untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama mudik," kata Danlanal Dabo, Letkol Laut (P) Arif Rahman, Kamis (30/5/2019).

Pengecekan kelengkapan kapal saat mudik yang dilaksanakan Danposal (Foto:dok.lanal)

Ia menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan secara serentak pada H-7 lebaran itu, melibatkan hampir seluruh personel Posal jajaran Lanal DBS. Mulai dari Posal Penubah, Cempa, Pulau Mas, Senayang, Pancur sampai dengan Tajur Biru.

"Adapun sosialisasi yang dilaksanakan meliputi pentingnya memperhatikan kelaikan sarana angkut, kelengkapan serta memantau prakiraan cuaca yang dibagikan oleh BMKG sebelum melaksanakan pelayaran. Kemudian tidak mengangkut penumpang melebihi kapasitas yang diizinkan," ujarnya.

Sementara itu, upaya lain dalam mengantisipasi terjadinya kecelakaan di laut, Lanal Dabo telah menyiagakan dua unsur Patroli Keamanan Laut (Patkamla) yaitu Patkamla DBS yang standby di pelabuhan Jagoh dan Patkamla Cempa yang standby di Posal Cempa.

"Sebagai prajurit, kita harus siap untuk ditugaskan kapan pun seperti pada saat perayaan Idul Fitri kali ini. Semoga, segala kegiatan yang kalian (Prajurit) laksanakan dihitung sebagai kebaikan dan amal ibadah," ucapnya kepada para anggota yang bertugas.

(ruz)