Nurdin Ingatkan Operator Kapal Perhatikan Kapasitas Angkut di Momen Mudik

Nurdin Ingatkan Operator Kapal Perhatikan Kapasitas Angkut di Momen Mudik

Kapal ferry penyeberangan Tanjungpinang-Batam.

Tanjungpinang - Sebagai Provinsi kepulauan, Gubernur Kepri, Nurdin Basirun meminta operator kapal memperhatikan kapasitas saat beroperasi di momen mudik lebaran.

"Kami minta pihak angkutan kapal tidak memaksa mengangkut penumpang, hingga over kapasitas," ujar Nurdin Basirun, Minggu (26/5/2019).

Begitu juga dengan kekhawatiran lain seperti kondisi kapal, nahkoda kapal harus istirahat cukup. "Apalagi dilaporkan kepada kita ada peningkatakan penumpang kapal mudik tahun ini," katanya.

Di tempat terpisah, Dinas Perhubungan Provinsi Kepri meminta  PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) yang ada di Provinsi Kepri untuk menjadikan keselamatan penumpang saat mudik lebaran 2019 mendatang prioritas utama.

"Kita minta ASDP tetap utamakan keselamatan penumpang dalam setiap keberangkatan pada mudik lebaran tahun 2019," ujar Kadishub Kepri, Jamhur Ismail.

Apalagi menurut Jamhur, berdasarkan hasil Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG), wilayah Kepri hingga lebaran mendatang diperkirakan curah hujan cukup tinggi

"Untuk itu,kami minta setiap keberangkatan penumpang ASDP harus berpatokan pada kondisi cuaca yang diberikan BMKG," katanya seperti dikuti di situs Kepriprov.go.id.

Keberangkatan penumpang selama mudik lebaran tahun 2019 di Provinsi Kepri diharapkannya dapat berjalan lancar.

Jamhur memastikan pihaknya terus memantau dan mengawasi pelaksanaan mudik lebaran di pelabuhan-pelabuhan di Provinsi Kepri agar selalu mengutamakan keselamatan dan kenyamanan penumpang saat mudik lebaran 2019.

(tan)