Lingga Posisi Ke-5 Nilai Rata-rata UN SMP/MTs di Kepri

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Lingga, Junaidi Adjam (Foto:ist/Batamnews)

Lingga - Besok, Rabu (29/5/2019) kelulusan SMP/MTs di Kepulauan Riau, termasuk Kabupaten Lingga akan diumumkan. Di Negeri Bunda Tanah Melayu sendiri, ada 40 sekolah penyelenggara Ujian Nasional (UN), dengan jumlah siswa yakni 1.584 orang.

Namun, hanya ada 11 SMP/MTs yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sementara sisanya, yakni 29 SMP/MTs masih menerapkan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP), karena kurangnya fasilitas pendukung.

"Alhamdulillah tahun ajaran 2018/2019 ini ada peningkatan hasil akademik. Dimana nilai rata-rata UN kita 47.85. Dengan hasil ini, kita berada di ranking 5 di Kepri," kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Lingga, Junaidi Adjam kepada Batamnews.co.id, Selasa (28/5/2019).

Ia menjelaskan, keberhasilan ini meningkat dari tahun sebelumnya. Pasalnya di tahun ajaran 2017/2018, Lingga bertengger di posisi ke-6 di Kepri.

"Tahun ini, posisi pertama diraih Kota Batam, Tanjungpinang dan Bintan," ucapnya.

Junaidi berharap, dengan hasil saat ini tentunya harus ada upaya peningkatan mutu dengan melaksanakan UNBK, juga peningkatan Kompetensi Guru. Dengan demikian, tentu akan berdampak terhadap hasil kelulusan. Namun tiap sekolah penyelenggara harus dipersiapkan perangkat IT.

"Untuk pengumuman kelulusan besok, Insya Allah sekolah-sekolah dalam wilayah hinterland dilaksanakan pukul 14.00 WIB. Sedangkan mind land, pukul 16.00 WIB," katanya.

(ruz)