BMKG: Hujan Lebat Bakal Guyur Kabupaten Lingga

BMKG: Hujan Lebat Bakal Guyur Kabupaten Lingga

Ilustrasi

Lingga - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dabo Singkep, memprakirakan secara umum kondisi cuaca di Kabupaten Lingga 2-3 hari kedepan berawan dan berpotensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Ini terjadi karena adanya perlambatan kecepatan massa udara di wilayah Kepulauan Riau berpengaruh juga di wilayah Kepulauan Lingga, sehingga menyebabkan penumpukan massa udara yang cukup tinggi mendukung untuk pertumbuhan awan-awan hujan.

"Kondisi ini masih kondusif untuk aktivitas transportasi darat maupun udara. Kalau untuk tinggi gelombang, masih ambang aman tetapi tetap waspada," kata Kepala BMKG Dabo, Sahat Mauli Pasaribu kepada Batamnews.co.id, Jumat (24/5/2019).

Ia menjelaskan, hal yang wajib diwaspadai oleh pengguna transportasi laut dan aktivitas kelautan lainnya seperti nelayan yakni, angin kencang dan potensi hujan yang bisa mengakibatkan gelombang laut naik secara cepat dan arus laut.

"Kami mengimbau agar masyarakat membersihkan dranaise/selokan dan parit-parit kecil atau sungai yang dangkal, karena ini akan mengakibatkan banjir. Perhatikan lingkungan dimana kita tinggal," ujarnya.

Diketahui, berdasarkan Data Curah Hujan 30 tahun, bulan Mei ini merupakan puncak hujan yang pertama pada tahun 2019. Pasalnya, intensitas hujan tinggi dibandingkan bulan-bulan yang lain.

"Untuk puncak kedua, yakni di bulan November," katanya.

(ruz)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews