Bupati Bintan Minta Distributor Tak Timbun Bahan Pangan Jelang Lebaran

Bupati Bintan Minta Distributor Tak Timbun Bahan Pangan Jelang Lebaran

Bupati Apri Sujadi akan melakukan sidak di pasar-pasar se-Bintan jelang lebaran. (Foto: istimewa)

Bintan - Menjelang Hari Raya Idul Fitri atau lebaran pastinya penyuplaian bahan pokok mengalami kendala sehingga harga setiap komoditinya mengalami kenaikan.

Hal ini yang diwanti-wanti oleh Bupati Bintan, Apri Sujadi. Dia menginginkan Idul Fitri 1440 Hijriyah atau 2019 Masehi ini permasalahan seperti itu tidak terjadi lagi di Kabupaten Bintan.

Agar ketersediaan atau pasokan bahan pokok tetap tercukupi, Apri mengimbau kepada distributor tidak melakukan penimbunan barang. 

"Jangan main-main dengan kebutuhan pokok. Apalagi menimbunnya demi meraup keuntungan. Tapi sebaliknya jagalah agar kondisi barang tetap ada seperti sedia kala sehingga tidak menyebabkan sejumlah bahan pokok mengalami kenaikan harga," ujar Apri, Sabtu (25/5/2019).

Pergerakan harga bahan pokok hingga saat ini masih normal bahkan harganya masih tergolong stabil. Seperti telur, minyak goreng, tepung terigu, beras, sayur mayur.

Agar kondisi seperti ini tetap beetahan beberapa pasar harus dilakukan pemantauan. 

"Jangan terjadi lonjakan harga yang tidak seharusnya," katanya.

Apri menginginkan dinas terkait terus memantau ketersediaan bahan pokok di pasar. Bahkan seluruh komoditi bahan pokok harus mencukupi hingga usai lebaran.

Agar keinginan tersebut tercapai, dia sendiri akan turun tangan langsung dengan melakukan peninjauan ke pasar-pasar jelang lebaran. Sebab jika terjadi kelangkaan barang dan kenaikan harga akan berdampak kepada inflasi daerah.

"Ketersediaan harus cukup. Kita juga menghimbau kepada distributor dan pedagang untuk tidak menaikkan harga bahan pokok serta melakukan penimbunan barang yang akan mengakibatkan kelangkaan dan inflasi," bebernya.

Disperindag Akan Awasi Distributor

Penyidik Pengawai Negeri Sipil (PPNS) Disperindag Bintan, Setia Kurniawan mengatakan ketika dirinya bersama tim melakukan pemantauan di pusat perbelanjaan didapati harga beberapa kebutuhan pokok mengalami lonjakan.

"Gula, telur dan lainnya ada mengalami kenaikan," sebutnya.

Meskipun harga beberapa komoditi mengalami kenaikan namun sampai saat ini pasokannya masih aman dan terkendali. Tetapi pihaknya bersama Tim Satgas Pangan Bintan akan mengecek dan memastikan penyebab kenaikan beberapa komoditi kebutuhan pokok tersebut.

"Kami akan cek dan pastikan semuanya," ucap Iwan yang juga menjabat sebagai salah satu petugas Satgas Pangan Bintan ini. 

(advertorial)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews