Festival Lampu Cangkok Berhadiah Puluhan Juta

Festival Lampu Cangkok Berhadiah Puluhan Juta

Bintan - Pemkab Bintan akan kembali menggelar Festival Lampu Cangkok di tahun ini. Perlombaannya selama sepekan dimulai dari 21 sampai 27 Ramadan.

Kepala Dinas Kominfo Kab Bintan Aupa Samake mengatakan festival ini telah menjadi agenda rutin tahunan di Bulan Suci Ramadan. Ini juga sebagai upaya dalam melestarikan budaya tradisional Melayu.

"Lomba lampu cangkok ini merupakan ide Pak Bupati (Apri Sujadi) yang selalu diselenggarakan setiap tahunnya saat bulan puasa.  Tahun ini,  insyaallah akan kembali dilaksanakan selama sepekan," ujar Aupa, Kamis (16/5/2019).

Festival ini akan diikuti seluruh kecamatan di Kabupaten Bintan. Sampai saat ini persiapannya terus dibahas dalam rapat-rapat internal dan disepakati akan dilaksanakan pada 25 Mei-1 Juni 2019 atau 21-27 Ramadan.

Dalam perlombaan ini ada beberapa aspek yang akan dinilai diantaranya gerbang lampu ditata bernuansa Islami,  estetika atau kemeriahan lampu cangkok,  serta partisipasi masyarakat dalam ikut memeriahkan hal tersebut.  

"Kegiatan ini sekaligus salah satu gelaran wisata religius yang mengandalkan kearifan lokal dan budaya islami. Hadiah yang kita sediakan mencapai puluhan juta rupiah," katanya.

(ary)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews