Pembangunan RKB Lamban, Udin Sihaloho: Bisa Jadi Komoditas Pungli ke Orang Tua Siswa

Pembangunan RKB Lamban, Udin Sihaloho: Bisa Jadi Komoditas Pungli ke Orang Tua Siswa

Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Batam, Udin P Sihaloho.

Batam - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam menyoroti pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) yang tak kunjung terealisasi. Padahal seharusnya sudah dimulai sejak Februari 2019. 

Apalagi sudah memasuki bulan Mei, yang dimana sebentar lagi seharusnya RKB tersebut bisa digunakan oleh peserta didik baru. 

“Selalu menjadi perhatian kita saat ini, pembangunan RKB saat ini belum dibangun," ujar Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Batam, Udin P Sihaloho, Selasa (21/5/2019).

Pembangunan RKB selalu dimulai di bulan Mei, hal ini menurutnya tidak menutup kemungkinan oknum komite sekolah dapat melakukan pungutan liar (pungli) kepada orang tua siswa dengan dalih untuk menambah ruangan.

"Seperti yang terjadi pada SMPN 10 tahun lalu. Sementara anggarannya bisa saja dari APBD. Saya juga mau tahu CSR perusahaan besar di Batam untuk pendidikan belum transparan sehingga jarang terpublikasi di masyarakat," katanya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Hendri Arulan mengatakan saat ini semua proyek fisik masih dalam tahap lelang dan proyek pembangunan RKB diperkirakan akan dimulai usai Lebaran. 

"Mungkin habis lebaran sudah jalan. Mudah-mudahan tidak ada kendala dan lelang berjalan lancar bulan depan sudah mulai bangun," ujar Hendri

Ia juga menargetkan bangunan sekolah selesai paling lambat September mendatang sehingga bisa dipakai pada saat tahun ajaran mendatang.

"Selesai dalam tahun ini agar bisa segera ditempati siswa yang baru masuk," jelasnya.

(ret)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews