Ini Jumlah Penerima Kartu Sakti Presiden Jokowi di Batam

Ini Jumlah Penerima Kartu Sakti Presiden Jokowi di Batam

Presiden Jokowi berbincang dengan seorang warga di acara pembagian kartu saksi, di Kelurahan Sambau RW 06, Batu Besar, Nongsa

BATAMNEWS.CO.ID, Batam  - Ribuan warga Kelurahan Sambau RW 06, Batu Besar, Nongsa, Kota Batam, menerima kartu sakti pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Keempat kartu, yakni Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan Kartu Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas Berat (ASPDB), dibagikan Minggu (21/6/2015).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan langsung kartu tersebut kepada beberapa perwakilan masyarakat yang telah ditunjuk. Mereka naik ke panggung dan menerima langsung kartu tersebut dari Jokowi.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Puan Maharani mengatakan, ini merupakan salah satu program Presiden Jokowi untuk membantu masyarakat Indonesia.

Puan menjelaskan, khusus di Batam, jumlah penerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) sebanyak 379 orang, Kartu Indonesia Pintar (KIP) 496 orang, Kartu Indonesia Sejahtera (KIS) 1.491 orang dan Kartu Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas Berat (ASPDB) sebanyak 21 orang.

"Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) menerima Rp 600 ribu. Dan uangnya bisa diambil sedikit-sedikit (Rp 200 ribu per bulan selama tiga bulan), jadi uangnya tidak akan hilang (di tabungan)," tuturnya.

Untuk Kartu Indonesia Pintar (KIP), tingkat SD menerima Rp 450 ribu, SMP Rp 750 ribu, sedangkan tingkat SMA sebesar Rp 1 juta. Uangnya diterima selama sekali setahun. "Pergunakanlah uang tersebut untuk melengkapi keperluan sekolah," ucap Puan.

Untuk Kartu Asistensi Penyandang Distabilitas Berat (ASPDB) menerima Rp 300 ribu per bulan, dan bisa diambil per empat bulan. "Jadi menerimanya sebanyak Rp 1,2 juta," ungkapnya.

Puan menegaskan, kartu yang diberikan Presiden Jokowi tersebut tetap akan dilakukan monitoring. Apabila kartu tersebut tidak dipergunakan sebaik-baiknya, penerimanya akan diganti sama yang lain.

[isk]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews