Taba Iskandar Prihatin Lihat Markas TNI AU di Bandara Hang Nadim

Taba Iskandar Prihatin Lihat Markas TNI AU di Bandara Hang Nadim

Anggota Komisi I DPRD Batam meninjau lokasi Datasemen TNI AU, Kamis (2/5/2019).

Batam - Komisi I DPRD Provinsi Kepri yang membidangi pemerintahan, aparatur dan hukum akan mencari solusi untuk Detasemen TNI AU Bandara Hang Nadim Batam agar naik grade dari tipe D ke tipe C. Hal ini dilakukan supaya pertahanan udara wilayah Kepri bertambah kuat.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Komisi I DPRD Kepri, Taba Iskandar ketika berkunjung ke Datasemen TNI AU yang berada dibawah naungan Lanud Tanjungpinang itu. Menurut Taba pengajuan tipe menaikkan grade agak terlambat karena di Batam lintas udaranya sangatlah padat.

"Apalagi kita berbatasan langsung dengan negara tetangga. Jadi kita tidak harus jauh meminta bantuan dari Kalimantan atau Pekanbaru yang yang memakan perjalanan yang agak lama," kata dia.

Taba juga menyinggung soal Mako TNI AU yang sedang dibangun di Nongsa Batam. Pasalnya, jarak antara Mako TNI AU yang ada di Nongsa dengan Detasemen TNI AU Bandara Hang Nadim memakan waktu sekitar 9 menit itu pun jika tidak macet.

Dengan demikian, ia sangat menyayangkan jika terjadi hal darurat yang menghambat kelancaran dalam kinerja TNI AU.

Sementara ditempat yang sama, Sekretaris Komisi I  DPRD Kepri, Sukhri Farial sangat miris melihat Detasemen TNI AU Bandara Hang Nadim yang dari dulu belum ada renovasi tempat sama sekali.

"Dari pertama di bangun sampai sekarang pun kayaknya begini terus dan masih pinjam tempat sama BP Batam. Ini juga harus menjadi perhatian semua, karena TNI AU merupakan pertahanan negara kita," ujar Sukhri.

Menanggapi hal ini, Kadispers Lanud RHF Tanjungpinang, Letkol Adm Dimas mengatakan, karena banyaknya birokrasi, maka pihaknya akan terus berkoordinasi dengan DPRD Kepri, pihak bandara dan BP Batam serta instansi terkait.

Mereka akan terus mencari solusi serta menyurati BP Batam agar mendapat kan lahan di bandara untuk base camp lepas landas pesawat tempur TNI AU sehingga kinerja TNI AU menjadi cepat dan mudah.

Dalam kunjungan ini komisi I DPRD Kepri bersama pihak Bandara Hang Nadim juga menyempatkan untuk meninjau pembangunan Mako TNI AU di Nongsa, Batam. Hadir juga pimpinan Komisi I berserta anggota.

(tan)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews