https://www.batamnews.co.id

Dinas Perkim Tanjungpinang Keluhkan TPS Sampah Sering Dipindah Oknum Warga

Kepala Dinas Perkim Kota Tanjungpinang, Amrialis. (Foto: Afriadi/Batamnews)

Tanjungpinang - Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman, Kebersihan dan Pertanaman (Perkim) Kota Tanjungpinang mengeluhkan kurangnya lahan untuk lokasi boks tempat pembuangan sampah sementara (TPS).

Selama ini, boks-boks TPS sampah yang diplot di beberapa titik sering tidak dijaga dan dipindah-pindahkan tanpa sepengetahuan dinas kebersihan.

Kepala Dinas Perkim Kota Tanjungpinang, Amrialis mengatakan, boks sampah milik Pemda saat ini memang ditempatkan di lokasi-lokasi lahan lowong milik masyarakat. Kadang keberadaannya tidak terjaga. Bisa juga bergeser hingga ke bahu jalan.

"Jadi itu rutin kita atur lokasinya. Kami juga masih kekurangan personel, terutama untuk mengawasi TPS, mudah -mudahan tahun depan bisa ditangani," kata Amrialis, Minggu (31/3/2019).

Saat ini ada juga beberapa titik TPS yang tak berfungsi dikarenakan, akses diblok pemilik lahan.

Amrialis mengajak pihak kelurahan dan kecamatan bekerjasama dan berkoordinasi dengan warga, kalau bisa mengibahkan sedikit space lahannya untuk penempatan boks sampah.

"Sebagai contoh di Bintan Centre kemarin sudah ada, namun  malah sering bergeser ke terminal, itu lah kami meminta kesadaran warga pemilik lahan untuk kerja sama menyumbangkan sedikit space lahan sebagai tempat landasan boks sampah," ujaranya.

(adi)