Polres Lingga Serbu Pantai Sergang di Singkep

Polres Lingga Serbu Pantai Sergang di Singkep

Polres Lingga menggelar aksi baksos di Pantai Sergang (Foto:Humas Polres)

Lingga - Kepolisian Resor (Polres) Lingga, menyerbu Pantai Sergang di Kecamatan Singkep, dalam rangka bakti sosial (Baksos) membersihkan pantai sejalan dengan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019.

Kapolres Lingga, AKBP Joko Adi Nugroho mengatakan, baksos tersebut bertujuan untuk memotivasi masyarakat agar lebih baik dalam pengelolaan sampah. Sehingga, memiliki nilai ekonomis dan menekan dampak negatif sampah terhadap lingkungan.

"Di era modern sekarang ini pemerintah sudah banyak melakukan inovasi untuk menanggulangi berbagai macam bentuk dan berbagai macam banyak sampah. Kita mengenalnya dengan 4 R yaitu Replace, Reduce, Recyle, dan Reuse" ucap Joko, Kamis (21/2/2019)

Replace dapat diartikan dengan menganti bahan-bahan berbahan plastik dengan bahan logam, kaca, dan kertas. Sementara, Reduce diartikan mengurangi penggunaan bahan plastik.

"Recycle diartikan mendaur ulang bahan-bahan plastik menjadi bahan yang berguna, Reuse diartikan menggunkan kembali bahan bahan hasil daur ulang," ucapnya.

Ia menambahkan, menjaga lingkungan dapat dilakukan dari hal-hal kecil, mulai dari membongkar tempat sampah, memilah sampah organik dan anorganik serta menjaga kebersihan lingkungan.

Dikesempatan yang sama, Kapolres Lingga juga mengundang Akari Ceq'Connon untuk bersama sama mengaplikasikan inovasi 4 R dengan cara membuat kostum karnaval dari bahan sampah hasil daur ulang, yang dapat diartikan bahwa dari bahan dasar sampah dapat digunakan kembali dan menjadi kostum karnaval sehingga dapat mengurangi limbah sampah.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews