Hari Peduli Sampah Nasional 2019 di Karimun

Jajaran Polres Karimun dan Ibu-ibu Bhayangkari Sambangi Bank Sampah

Foto: Edo/Batamnews

Karimun - Jajaran Polres Karimun menyambangi bank sampah di Kelurahan Sei Pasir Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun, Kamis (21/2/2019).

Di lokasi ini terdapat beberapa mesin daur ulang sampah untuk pembuatan pupuk kompos. Kapolres dan Wakapolres bersama ibu-ibu Bhayangkari Polres Karimun mempelajari proses pola daur ulang sampah.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangkaian Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 di Karimun. 

Tema yang diusung pada HPSN kali ini, Kelola Sampah Untuk Hidup Bersih, Sehat Dan Bernilai Menuju Indonesia Bersih. 

"Kita melihat bagaimana pengolahan daur ulang barang-barang yang sudah tidak terpakai, menjadi bermanfaat kembali," kata Kapolres AKBP Hengky Pramudya.

Sebelum itu, gabungan TNI-Polri melaksanakan apel bersama di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sememal, Pasir Panjang, Meral. Kegiatan dilanjutkan dengan bersih-bersih sampah.

Kegiatan tersebut juga melibatkan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karimun, Dinas Kebersihan, nelayan, tokoh masyarakat, tokoh agama, petugas kebersihan dan pelajar di Karimun.

Kapolres mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian terhadap pengelolaan sampah di Kabupaten Karimun.

"Lingkungan tidak bersih tentu akan banyak penyebaran penyakit di dalamnya. Pengelolaan sampah harus dilakukan dengan baik, sehingga tercipta lingkungan yang bersih dan sehat," terang dia.

Seluruh unsur yang hadir, bersama-sama melakukan gerakan bersih-bersih. Mulai dari pinggir patai Coastal Area maupun pembenahan di TPA.

"Kita memang mencanangkan gerakan bersih- bersih pantai dan laut," ujarnya.

Menurut Hengky, kepedulian terhadap kebersihan lingkungan dan melakukan pengelolaan sampah yang baik harus terus ditingkatkan.

"Dampak dari ketidak pedulian terhadap pengelolaan sampah akan memberikan efek kurang baik seperti penyebaran penyakit," ucapnya.

(aha)