Sertijab Kepala Perwakilan BI Kepri

Deputi Gubernur BI: Pertumbuhan Ekonomi Kepri Harus di Atas Nasional

Deputi Gubernur BI: Pertumbuhan Ekonomi Kepri Harus di Atas Nasional

Deputi Gubernur BI, Rosmaya Hadi bersama Gusti Raizal Eka Putra dan suksesornya Fadjar Majardi. (Foto: istimewa)

Batam - Fadjar Majardi resmi menggantikan Gusti Raizal Eka Putra menjadi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kepulauan Riau. Serah terima jabatan tersebut berlangsung di Kantor Perwakilan BI Kepri, Jumat (21/3/2019). 

Deputi Gubernur BI, Rosmaya Hadi mengatakan Gusti Raizal diganti karena harus dipindahkan ke departemen regional, namun sebelumnya akan menempuh pendidikan profesi. 

"Departemen itu nantinya akan mensupervisi 46 kantor perwakilan BI di seluruh Indonesia, jadi pak Gusti bergabung di sana," ujar Rosmaya. 

Dengan pergantian kepala kantor perwakilan BI Kepri, Rosma menyampaikan bahwa kepala kantor baru bertugas untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi. Dimana pertumbuhannya tidak boleh di bawah pertumbuhan ekonomi nasional. 

"Kalau nasional itu diperkirakan tahun ini tumbuh dari 5-5,4 persen, syukur-syukur kalau bisa pertumbuhan ekonomi Kepri bisa di atas itu," katanya. 

Selain itu juga tugas lainnya yaitu mengembangkan sektor pariwisata yang menurutnya tidak terlalu berkembang dengan baik. Karena menurutnya ada kawasan Bintan, Anambas dan camp vietnam yang berpotensi bagi pariwisata. 

"Ditambah juga perhatikan sektor riil," kata dia. 

Sementara itu, Fadjar mengatakan bahwa nantinya ia akan melihat potensi-potensi untuk dikembangkan. Kemudian disusun dalam jangka menengah dan jangka panjang. 

"Di Kepri ini sangat besar, dari Singapura sangat dekat, karakter turis yang datang ke Kepri beda dengan yang datang ke Bali, jadi mereka bisa datang berulang-ulang jadi butuh pembaharuan menarik," ujarnya. 

Terkait untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kepri, menurutnya butuh tantangan, karena menghadapi ekonomi global saat ini.  

"Makanya domestik harus ditingkatkan," kata dia. 

Namun ia tetap optimis, melihat perkembangan ekonomi Kepri yang semakin membaik dibandingkan dari tahun 2017 sampai pertengahan 2018 yang sempat turun drastis. Saat ini juga konsumsi dan investasi sedang mengalami peningkatan. 

"Kita berharap kedepan terus meningkat," katanya. 

Fadjar sudah bekerja di Bank Indonesia selama 20 tahun lebih, dan selama itu ia pernah menduduki jabatan Kepala Divisi Analis Kebijakan Monter. Kemudian 4 tahun belakangan ia bertugas di kantor pewakilan DKI Jakarta. 

"Jadi saya sudah terbiasa berhubungan dengan para stakeholder, sekarang juga turun ke lapangan," kata dia. 

Kepala Kantor perwakilan BI Kepri sebelumnya, Gusti Raizal mengucapkan terimakasih kepada media serta pihak-pihak lainnya. 

"Kita masih punya pekerjaan rumah ke depan, dan target ekonomi di atas nasional," ujar Gusti. 

(ret)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews