Pelanggan PLN Batam Wajib Tahu, April Ini Pajak PJU Naik

Pelanggan PLN Batam Wajib Tahu, April Ini Pajak PJU Naik

Ilustrasi.

Batam - Pemko Batam segera menaikkan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU). Rencananya kebijakan tersebut diberlakukan April 2019 mendatang. Hal ini sebelumnya tertunda tahun lalu.

Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kota Batam, Raja Azmansyah mengatakan kenaikan tarif PPJU tersebut sesuai dengan  Peraturan Daerah (Perda) No 7/2017 tentang Pajak Daerah. Saat ini pihaknya mengaku sudah melakukan koordinasi dengan PLN Batam selaku wajib pajak untuk menyiapkan sistemnya.

"Sebenarnya Pemko Batam sudah mengajukan surat untuk ditunda kembali kepada DPRD Batam awal tahun 2019. Tapi sejauh ini belum ada balasan," ujar Azman, Kamis (14/3/2019).

Ia menyebut kenaikan tarif PPJU sendiri bervariatif, untuk perumahan hanya naik satu persen dari yang sebelumnya 6 persen akan naik menjadi 7 persen. Sedangkan untuk bisnis akan naik dua persen dari 6 persen menjadi 8 persen. Kemudian, untuk fasilitas umum dan fasilitas sosial tidak mengalami kenaikan atau tetap 6 persen.

“Kenaikan tarif PPJU ini harus dilakukan karena sudah diatur dalam Perda, jika tidak, malah berpotensi melanggar aturan,” katanya.

Ia menyampaikan  bahwa Perda ini seharusnya berlaku pada awal tahun 2018 lalu, hanya saja mengingat kondisi ekonomi Batam yang menurun waktu itu, Pemko dan DPRD Batam sepakat untuk menunda.

"Artinya kalau tidak ada persetujuan dari DPRD Batam untuk ditunda lagi maka April ini akan mulai jalan. Saat ini PLN Batam masih menyiapkan sistemnya untuk disesuaikan," kata dia.

Raja menjelaskan target pendapatan PPJU tahun 2019 sebesar Rp195.1 miliar dan saat ini realisasi baru Rp27,8 miliar atau 14,26 persen. Target ini sendiri dihitung berdasarkan dengan tarif baru. Sehingga pihaknya optimistis dengan adanya kenaikan tarif PPJU tersebut, target pendapatan dari sektor PPJU akan tercapai. “Mudah-mudahan tercapai, kita tetap optimis,” ucapnya.

(ret)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews