Pemkab Bintan Bantu Rehab Surau Al-Khair

Pemkab Bintan Bantu Rehab Surau Al-Khair

Foto: Ary/Batamnews

Bintan - Pemkab Bintan melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) membantu merehab Surau Al Khair di Kampung Suka Maju, RT 002/RW 024, Kelurahan Kijang Kota, Kecamatan Bintan Timur.

Surau Al Khiar yang awalnya dibangun secara swadaya oleh masyarakat dengan sumbangan sebesar Rp 95 juta itu akan dilanjutkan oleh Dinas Perkim Bintan.

Kepala Dinas Perkim, Juni Rianto mengatakan tahun ini pihaknya akan membantu merampungkan pembangunan Surau Al-Khair.

"Kemarin Pak Bupati Bintan (Apri Sujadi) telah melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan surau ini. Nanti akan kita lanjutkan pembangunannya sampai rampung," ujar Juni, Selasa (12/3/2019).

Untuk melanjutkan pembangunan surau tersebut. Pemkab Bintan melalui dinasnya akan menggelontorkan APBD 2019 sebesar Rp 141 juta.

Dana itu akan digunakan untuk pekerjaan struktur beton dengan tingkat ketahanan K.225 atau 225 ton. Lalu pekerjaan arsitektur interior dan ekterior.

"Pekerjaannya akan dimulai paling lambat Maret mendatang dan rampung paling lambat ertengahan tahun," katanya.

Sebelumnya, Bupati Bintan, Apri Sujadi melakukan peletakkan batu pertama pembangunan Surau Al Khair , Minggu (10/3/2019). Pembangunan surau itu dilakukan melalui dana sumbangan sukarela oleh warga yang berdomisili di RW 024, Kampung Suka Maju.

Ketua Pelaksana Pembangunan Surau Al Khair, Sutrisno mengatakan secara swadaya, uang berhasil dikumpulkan masyarakat selama kurun waktu 2 bulan sebesar Rp 95 juta. 

"Rp 80 juta dipergunakan untuk membeli tanah dan sisanya untuk membeli bahan," ujarnya, kemarin.

Surau ini sebelumnya sangat kecil sehingga warga yang menjalankan ibadah salat sering berhimpit-himpitan.

Sekarang surau ini direhab lebih besar lagi. Sehingga warga bisa menjalankan ibadah dengan khusuk dan tenang. 

"Alhamdulillah, kami bersyukur bahwa Pemkab Bintan dan Pak Bupati merespon langsung keinginan kami ini untuk melanjutkan pembangunan surau yang kami dambakan sejak dulu," katanya. 

(ary)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews