Kuasa Hukum Caleg PSI: Jangan Anda Kira Iseng-iseng Berhadiah

Heriyanto, kuasa hukum caleg PSI Tanjungpinang Ranat Mulia Pardede.

Tanjungpinang - Hakim PN Tanjungpinang memutuskan caleg PSI Ranat Mulia Pardede tak bersalah dalam perkara pidana pemilu. Dengan putusan ini, Ranat menyatakan takkan tinggal diam.

Dia akan tetap mencari keadilan dan oknum yang memperkarakannya harus bertanggung jawab atas semua kasus yang menimpanya.

"Saya bersyukur dan berterimakasih kepada hakim yang memberi saya vonis bebas tanpa ada tuntutan apapun," ujar Ranat usai menerima putusan tersebut, Jumat (8/3/2019). 

Upaya hukum akan terus ditempuh , seperti sudah dilakukannya sebelum vonis ini berlangsung dengan melaporkan beberapa komisioner Bawaslu Tanjungpinang ke Dewan Kehormatan Penyelengara Pemilu (DKPP) RI.

"Untuk awal ini saya akan bertemu dengan Rahman (saksi pelapor), kalau tidak terjalin pertemuan itu kita akan lakukan upaya lain," katanya. 

Baca: Caleg PSI Tanjungpinang Divonis Tak Bersalah, Ranat: Hidup Keadilan!

Upaya melanjutkan kasus ini ke jalur hukum ataupun etik juga ditegaskan pengacara Ranat, Heriyanto yang didatangkan dari Jakarta. Bahkan usai putusan Heri sempat meradang dan menyebut ada oknum yang harus bertanggungjawab dengan kasus ini. 

"Mereka yang bertanggung jawab di belakang ini, jangan anda kira iseng-iseng berhadiah, akan ada upaya hukum, kami akan tegakan keadilan," tegas Heri.

Sampai saat ini kata Heri, beberapa upaya hukum telah dilakukan. Mulai dari melaporkan Komisioner Bawaslu Tanjungpinang M Zaini dan Maryamah serta beberapa ahli dari KPU Tanjungpinang yang didatangkan ketika persidangan ikut dilaporkan ke DKPP. 

"Anda melihat bagaimana mereka menjadi saksi ahli, tidak memiliki wawasan yang baik, itu satu nama sudah kita masukan ke DKPP," katanya. 
 
Heri mengatakan, tidak hanya upaya hukum tetapi juga upaya etik juga akan dilakukan untuk mencari keadilan. "Kami akan kejar keadilan," katanya. 

Heri juga mengatakan, pihaknya tidak bisa memastikan apakah kasus tersebut jebakan atau tidak. "Tetapi saya yakin, kita semua pasti bisa membaca ini semua," ujar Heri.

Di kesempatan yang sama, Ketua Bawaslu Tanjungpinang M Zaini tidak bisa berkomentar banyak. "Saya akan diskusikan lagi dengan Gakkumdu," katanya usai putusan bebas dibacakan. 

Namun, Zaini menerima putusan tidak bersalah dari Hakim PN Tanjungpinang tersebut. 

(tan)
 

SHARE US :
Komentar Via Facebook :