KPU Bintan Khawatir Ancaman Tikus dan Serangga

KPU Bintan Khawatir Ancaman Tikus dan Serangga

Sejumlah anggota Polres Bintan saat mengantisipasi serangan hama tikus dan serangga di KPU Bintan (Foto: Harry/Batamnews)

Bintan - Hama tikus dan serangga menjadi ancaman bagi logistik Pemilu Serentak 2019 di KPU Bintan. KPU pun  bekerja sama meminta bantuan ke pihak keamanan.

Polisi bergerak dan mendatangi kantor KPU Bintan di Jalan Tata Bumi, Ceruk Ijuk, Kecamatan Toapaya, Kamis (28/2/2019).

Tim gabungan yang terdiri dari berbagai satuan tersebut langsung melakukan pengecekkan logistik pemilu tersebut. Mulai dari surat suara, kotak dan bilik suara hingga formulir-formulir.

Operasi yang dipimpin Kabag Ops Polres Bintan, Kompol Robinson Sembiring telah memastikan gudang penyimpangan logistik aman dan steril dari gangguan apapun baik itu kebakaran, banjir serta hama tikus dan serangga.

"Sudah kita cek langsung. Kondisinya steril dan aman sehingga jauh kemungkinan logistik itu digerogoti tikus ataupun serangga," ujarnya.

Usai mengecek, polisi berpangkat Melati Satu itu menyapa para petugas yang lagi beraktifitas melipat surat suara. Lalu, dia menyampaikan pesan-pesan yang harus dijalankan yaitu tentang keamanan, ketertiban masyarakat (kamtibmas).

"Kita inginkan semua pihak bersama-sama menciptakan situasi dan kondisi yang aman, damai dan sejuk terutama jelang dan sesudah pemilu nantinya," jelasnya.

Setelah melakukan operasi di Kantor KPU Bintan, tim berlanjut menuju Kantor Bawaslu Bintan di Batu 16, Desa Toapaya Selatan. Lalu juga bersilahturahmi ke kantor DPD dan DPC Partai Golkar, PDI-P serta Gerindra.

"Kepada pengurus parpol kita himbau tetap menjaga persatuan dan kesatuan sesama parpol lainnya. Jangan sampai ada gejolak kericuhan maupun lainnya dalam pesta demokrasi di tahun ini," katanya.

Komisioner KPU Bintan Divisi Program dan Data, Haris Daulay mengaku pihak kepolisian telah menyarankan ke KPU Bintan untuk selalu memeriksa kondisi gudang penyimpanan logistik pemilu.

"Mulai dari surat suara, kotak dan bilik suara hingga formulir-formulir," sebutnya.

Pemeriksaan yang dilakukan harus berkala. Tujuannya agar logistik pemilu dapat dipastikan benar-benar steril dari segala gangguan apapun.

"Iya tadi kami diminta lakukan pemeriksaan gudang logistik secara berkala. Untuk memastikan tidak terjadi kemungkinan yang tak diinginkan. Seperti serangan dari hama tikus dan serangga," ucapnya. 

(ary)