Saat Narapidana Selamatkan Nyawa Bayi yang Terjebak dalam Mobil

Saat Narapidana Selamatkan Nyawa Bayi yang Terjebak dalam Mobil

Ilustrasi

Jakarta - Beberapa narapidana di Amerika Serikat menggunakan keahliannya membobol kunci untuk kebaikan. Mereka berhasil menyelamatkan seorang bayi yang tidak sengaja terkunci dalam mobil.

Diberitakan KABC-TV, Senin (18/2), peristiwa ini terjadi di Pasco County, Florida, pekan lalu. Ketika itu, seorang pria tidak sengaja meninggalkan kunci dalam mobil dan menutup seluruh pintu. Padahal, di bangku belakang ada putrinya yang berusia 1 tahun.

Pria ini langsung panik karena tidak bisa membuka pintu mobilnya. Peristiwa ini sangat berbahaya, di AS rata-rata 30 bayi meninggal dunia per tahun karena kepanasan di dalam mobil yang terkunci menurut organisasi Kids and Cars.

Beruntung, di sekitar tempat itu ada para narapidana yang tengah melakukan kerja sosial membetulkan jalan. Sambil diawasi dengan sipir penjara yang bersenjata, sekitar empat napi berpakaian garis-garis dikerahkan untuk membantu membuka pintu mobil Chevy Tahoe itu.

Keahlian mereka dalam membuka pintu mobil akhirnya berguna. Dengan menggunakan gantungan baju, hanya butuh lima menit bagi mereka untuk membuka pintu. Bocah itu selamat. Aksi ini direkam dan diunggah di Facebook oleh Shadow Lantry dan telah disaksikan oleh ribuan orang.

Menurut seorang petugas, para napi itu adalah pelaku kejahatan ringan yang dianggap tidak berbahaya. Sherrif Pasco County Chris Nocco mengatakan peristiwa ini unik, karena tidak biasanya sipir membiarkan napi menggunakan kemampuan kriminalnya untuk membantu orang lain.

"Hanya ada sedikit penjahat di luar sana yang ingin melawan dan menyerang kita, tapi banyak dari mereka, seperti orang-orang ini, mereka sadar melakukan kesalahan, mengambil pilihan yang buruk, tapi mereka ingin melakukan hal yang baik dalam kehidupan," kata Nocco, dikutip CNN.

(pkd)