Usulkan bantuan perahu 1 GT nelayan di Musrenbang 2019

Kades Busung Miris Lihat Warganya Patungan Melaut

Kades Busung Miris Lihat Warganya Patungan Melaut

Bantuan kapal 1 GT untuk nelayan dari Pemda Bintan tahun 2018. (Foto: Ary/Batamnews)

Bintan - Warga Desa Busung, Kecamatan Seri Kuala Lobam mayoritas bekerja sebagai nelayan. Pihak pemerintahan desa setempat mendata sebanyak 150 nelayan selama ini melaut secara patungan dan menyewa kapal.

Kepala Desa Busung, Rusli mengatakan hampir 75 persen warganya yang bekerja sebagai nelayan tidak memiliki kapal. Akibatnya mereka harus patungan saat memasang jaring bahkan terpaksa bekerja serabutan agar tetap mendapatkan penghasilan.

"Karena tak punya kapal, sebagian dari mereka kebanyakan bekerja sebagai tukang bangunan dan lainnya. Semua itu untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga mereka," ujar Rusli, Kamis (14/2/2019).

Saat ini, kata Rusli, bantuan kapal dan alat tangkap dari Dinas Kelutan dan Perikanan (DKP) untuk nelayan selalu ada setiap tahunnya. Tetapi banyak nelayan yang belum terkover.

Agar seluruh nelayan-nelayan di desa ini memiliki kapal, pihaknya telah mengusulkan bantuan pengadaan kapal berkapasitas 1 Grosstone (GT) pada Musrenbang 2019.

"Harapan kami semua kebutuhan nelayan dapat terpenuhi. Meskipun belum bisa semuanya tapi setidaknya alokasi bantuan lebih maksimal lagi sehingga bantuannya juga lebih banyak," ucapnya.

(ary)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews