Video: Detik-detik Menegangkan Penyelamatan 3 Nelayan Bintan

Video: Detik-detik Menegangkan Penyelamatan 3 Nelayan Bintan

Tiga nelayan bertahan dengan sebuah tutup boks fiber di laut setelah kapal yang mereka awaki karam dihantam ombak. (Foto: sc/ist)

Bintan - Tiga nelayan berhasil diselamatkan usai terombang-ambing di perairan dekat Pulau Nikoi, Kabupaten Bintan, Minggu (27/1/2019) siang. Sebuah pompong yang diawaki Jupri (tekong perahu), Andi dan Ande karam dihantam ombak besar pada Minggu pagi sekitar pukul 07.30 WIB.

Ketiganya merpakan warga Bintan yang tinggal di Galang Batang dan Kawal. Insiden tak terduga itu membuat ketiganya bertahan sekitar 5 jam di laut dengan mengapung menggunakan sebuah penutup box fiber.

Kapolres Bintan, AKBP Boy Herlambang mengatakan ketiga nelayan melaut sekitar pukul 03.00 WIB dini hari dengan menggunakan pompong.

"Setelah sampai di perairan pulau nikoi sekitar pukul 07.30 WIB,  cuaca tidak bersahabat sehingga kapal mereka dihantam ombak. Angin kencang mengakibatkan kapal mereka terbalik dan tenggelam dan pada saat itu juga," terang boy, Minggu (27/1/2019) siang

Ketiganya sempat berkomunikasi dari laut dengan RT di Galang Batang menggunakan radio untuk meminta pertolongan. "RT kemudian menghubungi Polsek Gunung Kijang. Setelah itu upaya penyelamatan dilakukan," ujar Kapolres.

Koordinasi dilakukan Satpolair, SAR dan TNI AL. Sekitar pukul 13.30 WIB tim SAR dengan menggunakan KN Bhisma dan sebuah kapal nelayan di Kelurahan Kawal, Kecamatan Gunung Kijang menyisir koordinat posisi yang diberitahukan para nelayan ini sebelum kapal mereka tenggelam.

"Mereka kemudian dievakuasi menuju dermaga Kawal ," terangnya.

(fox)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews