DKP Kepri Beri Petromaks untuk Nelayan Pulau Akat di Lingga

DKP Kepri Beri Petromaks untuk Nelayan Pulau Akat di Lingga

Nelayan Pulau Akat, Desa Laboh bersama kepala desanya saat menerima bantuan petromaks dari DKP Kepri (Foto:ist/Batamnews)

Lingga - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kepulauan Riau menyalurkan bantuan berupa petromaks kepada 60 orang nelayan Pulau Akat, Desa Laboh, Kecamatan Senayang, Kabupaten Lingga, Selasa (29/1/2019).

Petromaks hingga saat ini masih digunakan sebagian besar nelayan tradisional Indonesia. Lampu ini berguna untuk mengundang ikan atau cumi-cumi datang mendekati jaring ketika malam hari.

"Petromaks ini biasa digunakan oleh nelayan untuk mencari cumi-cumi, atau bahasa kita (Lingga) nyomek nos," kata Kepala Desa Laboh, Fadillah kepada Batamnews.co.id, Kamis (31/1/2019).

Ia menjelaskan, bantuan petromaks dari Pemprov Kepulauan Riau untuk nelayan desanya merupakan yang kedua kali. Sebelumnya, sekitar tiga tahun lalu, pemprov juga pernah membantu nelayan Laboh berupa perahu pompong.

"Saya harap kedepannya pemerintah kabupaten atau provinsi lebih memperhatikan Desa Laboh, baik itu kepada nelayan maupun insfrastruktur penunjang lainnya," ucapnya.

Diketahui, dengan jumlah 60 nelayan penerima bantuan petromaks tersebut semuanya berasal dari Pulau Akat yang mayoritasnya warga suku laut.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews