Nelayan Mepar di Lingga Panen 1,1 Ton Kerapu Cantang

Kepala Dinas Perikanan Lingga, Kasiman terlihat begitu antusias saat melakukan panen kerapu cantang di Desa Mepar (Foto:Ist/Batamnews)

Lingga - Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Harapan Jaya, Desa Mepar, Kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga, melakukan panen perdana ikan kerapu cantang sebanyak 1,1 ton, Rabu (13/2/2019) sore.

Ikan tersebut sudah dibudidayakan sejak 6 bulan lalu oleh Pokdakan. Hasilnya pun cukup memuaskan.

"Saya harap setelah panen, kelompok ini bisa lebih mandiri. Tidak hanya selalu berharap bantuan dari pemerintah terus menerus, karena hasil dari panen ini, uangnya bisa disisihkan untuk beli bibit," kata Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Lingga, Kasiman yang turut hadir pada panen tersebut.

Sementara itu, Tenaga Pendamping Lapangan (TPL) Diskan Lingga, Syahlian Pardi menjelaskan, ikan hasil panen itu akan dijual kepada penampung lokal di Pulau Mubut, Kelurahan Karas, Kecamatan Galang, Kota Batam.

"Ikan kerapu cantang yang berhasil dipanen ini merupakan bantuan dari Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Batam tahun 2018 lalu. Saat itu hanya Desa Mepar yang dapat," ujarnya.

Ikan yang dipanen pun kata dia hanya satu jenis. Tidak ada ikan jenis lain selain kerapu cantang yang dipelihara pada proses pembudidayaan tersebut.

"Kami harap budidaya ini terus berkelanjutan. Sehingga, tidak hanya berhenti disini saja, karena pembudidayaan ikan ini akan berdampak terhadap perekonomian nelayan," ucapnya.

(ruz)