GOW Lingga Dukung Kreativitas Suku Laut Kelumu

Ketua GOW Lingga, Maratusholiha bersama Wabup, Muhammad Nizar, Kades dan BPD Kelumu serta ibu-ibu Dapur Arang usai kegiatan (Foto:ist)

Lingga - Kreativitas warga suku laut di Dapur Arang, Desa Kelumu, Kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga, mendapat suport dari Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Lingga. Hal itu dibuktikan dengan dilakukannya kunjungan tatap muka antara GOW dengan pengrajin setempat, Selasa (12/2/2019) siang.

Ketua GOW Kabupaten Lingga, Maratusholiha mengatakan, untuk memberikan peningkatan kualitas hidup dan perekonomian perempuan di wilayah tersebut, pihaknya juga menggandeng Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinso-P3A) Lingga.

"Saya harap hasil kerajinan ibu-ibu Dapur Arang, dalam memanfaatkan kalang (sejenis rotan) menjadi anyaman bisa menghasilkan nilai ekonomi tinggi, ibu-ibu harus semangat," kata wanita yang juga merupakan istri Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar ini.

Hasil kerajinan warga suku laut Dapur Arang, Desa Kelumu berada di atas meja Ketua GOW, Kabid di Dinsos-P3A dan Wabup Lingga (Foto:ist)

Selanjutnya, ia juga berharap produksi yang dilakukan oleh ibu-ibu tersebut bisa terus berjalan. Tidak hanya aktif beberapa saat dan kemudian hilang begitu saja.

"Ibu-ibu juga harus lebih produktif dan bisa menghasilkan sesuatu yang lebih baik demi memajukan ekonomi keluarga. Semuanya harus mempunyai kewajiban untuk ikut mempromosikan kerajinan yang akan kita buat," ujarnya.

Sementara itu, Muhammad Nizar yang turut hadir pada kunjungan tersebut berharap, kegiatan peningkatan produksi kreatif yang dilakukan itu dapat bersinergi dengan OPD lainnya, selain Dinsos-P3A Lingga.

"Nanti peran Dinas Pariwisata, Perdagangan, Pemdes dan Perizinan, kami harap bisa berperan. Sehingga, produksi ibu-ibu ini bisa terus berjalan," katanya.

(ruz)