BMKG Imbau Warga Tak Buka Lahan Dengan Cara Dibakar

BMKG Imbau Warga Tak Buka Lahan Dengan Cara Dibakar

Ilustrasi

Lingga - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dabo Singkep memprediksi cuaca secara umum di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau untuk 2-3 hari kedepan cerah berawan hingga berawan dan masih berpotensi hujan lokal dengan intensitas ringan.

Namun, hujan tersebut juga dapat disertai petir dam angin kencang. Tapi, kondisi demikian masih kondusif untuk aktivitas transportasi darat dan udara.

"Perlu diingat saat keadaan cuaca cerah berawan, tentunya intensitas matahari sangat kuat yang disertai angin kencang. Maka masyarakat waspada dengan memperluas areal perkebunan dengan cara membakar, karena akan mengakibatkan tidak terkendalinya api yang menyebar cepat," ujar Kepala BMKG Dabo, Sahat Mauli Pasaribu kepada Batamnews.co.id, Selasa (5/2/2019).

Sedangkan untuk cuaca perairan wilayah Kepulauan Lingga, kondisi cuaca berawan serta arah angin dari Utara-Timur Laut dengan kecepatan 4-18 km/jam. "Kondisi ini juga masih kondusif bagi transportasi laut," ucapnya.

Namun, Sahat mengimbau bagi masyarakat nelayan tradisional yang menggunakan peralatan sederhana (Sampan kecil) tetap waspada karena angin di perairan dan arusnya cukup kencang.

"Kalau untuk wilayah yang rawan secara signifikan tidak ada. Tapi daerah perbatasan pintu masuk perairan Kepulauan Lingga baik itu dari Tanjungpinang-Batam atau sebaliknya, arusnya agak kuat dan tinggi gelombang kisaran 0,2-1,0 meter," katanya.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews