Lanal Karimun Latih Penanganan Huru-hara Momen Pemilu

Lanal Karimun Latih Penanganan Huru-hara Momen Pemilu

Latihan penanganan huru-hara oleh personel TNI dari Lanal Karimun. (Foto: Edo/Batamnews)

Karimun - Pangkalan TNI Angkan Laut (AL) Tanjungbalai Karimum mengasah kemampuan dalam pengamanan Pengendalian Huru Hara (PHH) menjelang pelaksanaan Pemilu April mendatang.

Bertempat di Mako Lanal, kegiatan ini melibatkan seluruh prajurit dengan menggunakan peralatan lengkap anti huru hara, Kamis (31/1/2019).

Danlanal Tanjungbalai Karimun, Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro menjelaskan jika pelaksanaan PHH merupakan implementasi tugas pokok TNI sesuai Undang-Undang RI nomor 34 tahun 2004 tentang TNI pasal 7 ayat 2 terkait Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

"Salah satunya membantu Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam rangka tugas keamanan dan ketertiban masyarakat, sebagai salah satu bentuk kerjasama dan sinergitas TNI dan Polri," kata Catur.

Keterlibatan TNI dalam pengamanan huru hara setelah pihak kepolisian memberikan sinyal bantuan. 

Simulasi pengamanan di kantor KPU dengan skenario serangan dari sekelompok massa yang tidak terima dengan hasil pemilu yang terindikasi adanya kecurangan.

"Kegiatan dilaksanakan dengan tujuan mengasah meningkatkan kemampuan, kesiapsiagaan serta kecepatan gerak prajurit yang harus profesional dalam pertindak," ujar Danlanal.

Kegiatan latihan Pengendalian Huru Hara dalam rangka pengamanan Pemilihan Umum Legislatif dan Presiden tahun 2019 dilaksanakan secara serentak oleh Satuan di bawah jajaran Koarmada I dan dibuka secara resmi oleh Pangkoarmada I di lapangan Arafuru Mako Koarmada I Jakarta.

(aha)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews