Bawaslu Lingga Prediksi Sulit Cari Petugas TPS di Wilayah Senayang

Bawaslu Lingga Prediksi Sulit Cari Petugas TPS di Wilayah Senayang

Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga di Bawaslu Lingga, Ardhi Auliya (Foto:Batamnews)

Lingga - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, memprediksi akan sulit mencari penyelenggara (Petugas) Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang memiliki kepemiluan secara baik menjelang hari H Pemilu 2019 pada 17 April mendatang. Terlebih lagi di TPS pemekaran.

Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga di Bawaslu Lingga, Ardhi Auliya mengatakan, khusus di beberapa pulau yang tingkat pendidikan masyarakatnya rendah (minim sarana pendidikan), akan menyulitkan bagi KPU atau Bawaslu untuk mencari orang-orang yang memenuhi spesifikasi sebagai penyelenggara di TPS.

"Kami mengaharapkan adanya minat masyarakat untuk terlibat sebagai penyelenggara. Karena Pemilu 2019 kali ini juga tidak bisa dipandang remeh," kata dia kepada Batamnews.co.id, Rabu (30/1/2019).

Ia menjelaskan, ada 5 kotak suara dan 5 level pemilihan dalam satu kali pelaksanaan, yakni pemilihan DPRD kabupaten/kota, DPRD provinsi, DPR RI, DPD RI serta Presiden dan Wakil Presiden. Maka, dibutuhkan penyelenggara yang memahami aturan pemilu serta teliti dalam bekerja.

"Kami juga mengajak partisipasi pemerintah desa untuk mengajak masyaraktnya terlibat aktif sebagai penyelenggara pemilu," katanya.

Diketahui, Kabupaten Lingga yang saat ini memiliki 13 kecamatan terdiri dari 82 kelurahan/desa dengan jumlah TPS 352. Adapun jumlah pemilih laki-laki 35.493 serta jumlah pemilih perempuan 33.841 dengan total pemilih keseluruhan 69.334 jiwa.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews