BMKG Imbau Waspada Angin Kencang dan Gelombang Tinggi

BMKG Imbau Waspada Angin Kencang dan Gelombang Tinggi

Ilustrasi

Lingga - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dabo Singkep, mempredikasi angin kencang dan gelombang laut tinggi masih akan terjadi di wilayah Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau dua hari kedepan.

Dengan begitu, diimbau kepada masyarakat yang bermukim di wilayah daratan atau sekelilingnya terdapat pohon besar yang sudah tua agar selalu waspada.

"Jika perlu, masyarakat besama-sama dapat memotong pohon besar yang sudah tua itu, apa lagi batang pohonnya itu tidak kokoh atau sebagian lapuk," kata Kepala BMKG Dabo, Sahat Mauli Pasaribu kepada Batamnews.co.id, Kamis (24/1/2019).

Kemudian, ia menjelaskan jika kondisi cuaca cerah, diimbau agar warga tidak membuka lahan perkebunan dengan cara membakar. Pasalnya, dengan kondisi angin yang kencang ini dapat cepat menyebarkan api kemana-mana sehingga menyebabkan kebakaran hutan dan lahan.

"Jika ini sering terjadi, akan menimbulkan kabut asap sehingga merugikan masyarakat juga dalam hal kesehatan," ucapnya.

Sedangkan untuk akitivitas laut seperti nelayan serta pengguna dan penyedia jasa transportasi dapat selalu menggunakan kelengkapan berlayar seperti life jacket dan memperhatikan kondisi cuaca yang selalu berubah-ubah.

(ruz)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews