BMKG: Supermoon, Malam Minggu Jangan Nongkrong di Tepi Pantai

BMKG: Supermoon, Malam Minggu Jangan Nongkrong di Tepi Pantai

Fenomena supermoon. (Foto: Getty Images/India Today)

Batam - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat agar jangan nongkrong di pantai malam minggu nanti. Sebab, pasang air laut akan terjadi pada tingkatan paling maksimum.

Hal ini sebabkan oleh adanya fenomena supermoon yang diprediksi akan terjadi pada 19 hingga 22 Januari 2019. 

"Adanya fenomena supermoon disertai dengan bulan purnama dapat mempengaruhi kondisi pasang maksimum air laut di Indonesia," tulis BMKG dalam akun instagramnya, Sabtu (19/1/2019).

Menurut BMKG, fenomena air pasang di kawasan itu akan berdampak pada gangguan transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat serta bongkar muat di pelabuhan.

Sementara, Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Hang Nadim Suratman menjelaskan supermoon memang berdampak langsung pada tinggi muka air laut.

"Akan tetapi kami tidak mengukur berapa perbedaan ketinggiannya," kata Suratman.

Dia mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di bibir pantai supaya waspada, dan juga ada potensi banjir rob akibat fenomena ini. 

Warga diminta untuk memperhatikan perkembangan informasi yang dikeluarkan BMKG.

Supermoon merupakan fenomena di mana bulan berada di posisi perigee atau jarak paling dekat dengan bumi dan disertai bulan purnama. 

Berdasarkan peringatan BMKG, pada Sabtu (19/1/2019) ada 7 wilayah di Indonesia yang wajib waspada pada 19-22 Januari 2019 ini yaitu yang berada di pesisir utara DKI Jakarta, pesisir utara Jawa Tengah, pesisir utara Jawa Timur, pesisir Cilacap, pesisir Tanjung Benoa Bali, pesisir Kalimantan Barat, dan pesisir Makassar Sulawesi Selatan.

(sya)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews