Waspada, Cuaca Ekstrem Intai Kepri Pekan Ini

Waspada, Cuaca Ekstrem Intai Kepri Pekan Ini

Ilustrasi.

Batam - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan cuaca ekstrem akan terjadi di Kepulauan Riau tiga hari kedepan. Masyarakat diharapkan mewaspadai terhadap bencana hidrometeorologi. 

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Hang Nadim Suratman mengatakan, secara khusus BMKG melalui Tropical Cyclone Warning Center (TCWC) di Jakarta tengah memonitor adanya tiga bibit badai tropis di dekat wilayah Indonesia. 

"Salah satu bibit siklon yang saat ini berada di Laut Timor ( 94S) berpotensi meningkat menjadi siklon tropis dalam 3 hari kedepan," ujarnya, Selasa (22/1/2019). 

Kondisi tersebut mengakibatkan potensi cuaca ekstrem berupa angin kencang yang dapat mencapai di atas 25 knot terjadi di wilayah Indonesia. 

"Tidak hanya Kepri tetapi juga terjadi di Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung,  Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan," ujarnya. 

Suratman mengatakan, secara detail belum diketahui daerah mana saja yang terdampak cuaca ekstrem ini. "Mari kita tingkatkan kewaspadaan terhadap fenomena cuaca yang diperkirakan cukup ekstrem," katanya. 

Akibat cuaca ekstrem tersebut berpotensi terjadi bencana  Hidrometeorologi seperti banjir, longsor, banjir bandang. Tidak hanya cuaca esktrem, BMKG juga merilis akan terjadi hujan lebat akhir Januari di beberapa wilayah di Indonesia. 

(tan)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews