Bupati Bintan Wanti-wanti ke Warga Hadapi Cuaca Ekstrem

Bupati Bintan Wanti-wanti ke Warga Hadapi Cuaca Ekstrem

Ilustrasi.

Bintan - Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang mengeluarkan peringatan dini kepada warga Kabupaten Bintan yang berdomisili di Wilayah Pesisir Bagian Timur. 

Sebab bedasarkan prakirawan cuaca, wilayah tersebut sedang dilanda angin kencang dan gelombang tinggi. Kemudian berpotensi hujan lebat disertai petir. 

Kepala BMKG Tanjungpinang, Dhira Utama mengatakan suhu muka laut di wilayah Kabupaten Bintan masih hangat berkisar antara 24 sampai 32 derajat celecius dan anomali  SST berkisar - (min) 1 sampai + (plus) 1 derajat celecius.

"Kondisinya sangat mendukung konvektifitas antara atmosfer dan lautan," ujar Dhira, Senin (21/1/2019).

Gelombang di perairan Timur Kabupaten Bintan cukup tinggi yaitu dapat mencapai 2,5 meter. Kondisi seperti ini bakal terjadi selama sepekan kedepan. Lalu, angin bertiup dari barat laut menuju timur laut dengan kecepatan 05-30 km/jam.

"Kelembapan udara di Kabupaten Bintan mencapai 65-95 persen," jelasnya.

Bupati Bintan, Apri Sujadi mengimbau kepada seluruh warga khususnya yang berdomisili di wilayah pesisir Timur Kabupaten Bintan untuk lebih berhati-hati. Karena akhir-akhir ini wilayah timur sangat kurang bersahabat. 

"Kita minta warga berhati-hati khususnya nelayan. Sebab angin dan gelombang di perairan timur kita sangat ekstrem, ombaknya bisa 2,5 meter," katanya.

Kondisi cuaca yang ekstrem ini, kata Apri, tidak hanya terjadi di perairan saja. Tetapi juga di daratan sebab selain angin kencang hujan lebat disertai petir juga akan melanda wilayah ini.

"Angin sangat kuat belum lagi curah hujan tinggi. Kita juga minta para orangtua perhatikanlah anak-anaknya yang bermain di luar rumah. Jangan sampai hal-hal yang tak diinginkan terjadi dengan diri kita sendiri," ucapnya. 

(ary)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews